DPR Tunggu Pernyataan Resmi Kemlu Terkait Penangguhan Umrah

- Kamis, 27 Februari 2020 | 12:42 WIB
Jutaan umat Muslim ibadah di depan Kakbah, Masjidil Haram (REUTERS)
Jutaan umat Muslim ibadah di depan Kakbah, Masjidil Haram (REUTERS)

Kerajaan Arab Saudi memberlakukan kebijakan penangguhan perjalanan umrah baik ke Kota Mekkah juga Masjid Nabawi di Madinah. Kebijakan tersebut diambil lantaran merebaknya virus corona.

Pengumuman itu disampaikan langsung oleh Kementerian Luar Negeri Arab Saudi, melalui akun Twitter-nya pada Kamis (27/2/2020) dini hari.

Wakil Ketua Komisi VIII DPR Ihsan Yunus menyatakan akan menunggu lebih dulu informasi resmi dari Kementerian Luar Negeri Indonesia terkait kebijakan Kerajaan Arab Saudi soal penangguhan perjalanan umrah.

"Sementara ini kami masih menunggu informasi resmi dari pihak kerajaan Arab Saudi, yang akan disampaikan ke Kemenlu  Indonesia, informasi terakhir, sudah diumumkan melalui radio di Arab Saudi, ada penangguhan umrah untuk beberapa negara," ucapnya pada Indozone, Kamis, (27/2/2020).

Dia juga menilai kebijakan ini akan sangat berdampak pada agen travel penyelenggara umrah di Indonesia. "Kemungkinan besar (berdampak), kami sedang menghubungi pihak-pihak terkait," ungkapnya.

Politisi PDIP ini mengatakan kebijakan Kerajaan Arab Saudi tersebut bukan hanya diperuntukkan pada jamaah di Indonesia, namun juga pada negara lainnya.

"Terkait dengan isu kesehatan, setidaknya ada 11 negara yang terimbas atas kebijakan ini, termasuk Indonesia," jelasnya.

Berdasarkan info yang beredar, surat dari Kemendagri Arab Saudi, negara-negara tersebut yaitu China, Iran, Italia, Korea, Jepang, Thailand, Malaysia, Indonesia, Pakistan, Afghanistan, Irak, Filipina, Singapura, India, Lebanon, Suriah, Yaman, Azerbeijan, Kazakstan, Uzbekistan, Somalia, Vietnam.

"Tapi ini masih akan kita konfirmasi kembali, saya berharap masyarakat untuk tenang dan bijak dalam menyikapi ini, kita dari komisi 8, dan pemerintah akan berupaya maksimal untuk mencari solusi," tandasnya.

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X