Deretan Fakta Baru Kasus Novel: Jenderal Bintang 3 Masuk Radar Polisi

- Rabu, 10 Juli 2019 | 09:57 WIB
(ANTARA/Yulius Satria Wijaya)
(ANTARA/Yulius Satria Wijaya)

Kasus teror yang menimpa petinggi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Novel Baswedan, perlahan menemui titik terang. Sejumlah fakta baru pun mulai didapat Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF). 

Salah satunya adalah dugaan keterlibatan tiga jenderal bintang tiga. TGPF pun telah memanggil dan memeriksa sejumlah perwira yang tidak disebutkan identitasnya tersebut. 

"Pada kasus ini ada juga beberapa jenderal bintang tiga yang kami periksa itu. Jangan salah. Semua yang dituduh kami periksa lagi. Semua yang diperiksa oleh penyidikan lalu, kami periksa lagi," kata anggota TGPF, Hermawan Sulistyo. 

Pemeriksaan ketiga jenderal berlatar hasil penyelidikan Polda Metro Jaya, Komnas HAM, dan Ombudsman. Namun, Hermawan enggan membeberkannya kepada publik karena sudah masuk materi perkara. 

TGPF menyerahkan hasil investigasi kasus teror Novel kepada Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian, Selasa (9/7/2019). Laporan yang diberikan terdiri dari 170 halaman dan disertai 1.500 halaman lampiran. 

Dugaan keterlibatan jenderal pun pernah diungkap Novel Baswedan dalam sebuah wawancara di media massa. Dia menduga ada "orang kuat" yang menjadi dalang teror. 
 

Temuan Menarik

TGPF mendapati fakta baru selama menyusuri kasus Novel dalam laporan yang diberikan kepada Tito. Laporan yang diberikan itu juga terdapat sejumlah rekomendasi untuk disikapi Kapolri. 

"Pendek kata, Pak Kapolri menyatakan bahwa ini progres yang baik. Ada kemajuan, ada temuan baru di dalam investigasi kami," ujar Hermawan. 

-
Ketua Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) Kasus Novel Baswedan, Nurcholis (kiri) dan Anggota TGPF Hendardi (tengah) menyimak keterangan pers dari Kadiv Humas Polri Irjen Pol M. Iqbal (kanan) terkait perkembangan kasus Novel Baswedan di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (9/7/2019). (ANTARA/Reno Esnir)

Meski menemukan fakta baru, TGPF belum dapat membicarakannya lebih lanjut. Hasil temuan kasus Novel rencananya bakal diumumkan dalam waktu dekat. 

"Ada temuan progres dari tim pakar (TGPF), temuan yang menarik. Nanti, insya Allah akan kami sampaikan juga pada sesi konferensi pers, paling lambat Minggu depan," ujar Kadiv Humas Polri, Irjen M. Iqbal. 

 

Motif Teror soal Politik

TGPF pun menduga penyerangan kepada Novel karena latar politik. Tim pencari fakta menganggap kasus yang dialami petinggi KPK itu bukanlah perkara biasa.

-
Ilustrasi (ANTARA/Wahyu Putro A)

"Maka kami cari motif dibalik itu semua, dan motif itu kami telusuri. Motif apa saja yang kami temukan itu nanti pekan depan akan disampaikan," ujar Hermawan.

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X