Interview 3 Menit Tanpa Bicara, Pemuda Ini Langsung Diterima Alibaba

- Selasa, 21 Mei 2019 | 22:57 WIB
kolase/istimewa
kolase/istimewa

Siapa tidak kenal perusahaan Alibaba? Alibaba adalah perusahaan yang bergerak di bidang  e-commerce, ritel, Internet, kecerdasan buatan, dan teknologi yang sudah begitu terkenal di dunia. Bahkan Alibaba termasuk salah satu perusahaan tersukses di dunia yang mempunyai sistem keamanan paling kuat di dunia.

Bicara soal sistem keamanan perusahaan, Alibaba mengakui pernah diserang hingga ratusan juta kali oleh hacker. Namun sampai detik ini data dari perusahaan Alibaba masih tetap aman.

Ternyata di balik sistem keamanan perusahaan terkenal ini terdapat orang jenius, yaitu Wu Lanqing, pria berusia 21 tahun ini adalah seorang hacker lulusan SMA, yang kini telah bekerja di perusahaan Alibaba.

Diketahui, Wu Lanqing lahir dari keluarga dosen. Tumbuh seperti anak biasa pada umumnya. Namun di usia 15 tahun dirinya disebut oleh teman-temannya sebagai "anak jenius atau ajaib."

Wu Lanqing dapat menghabiskan waktunya berjam-jam di depan komputer hanya untuk belajar bagaimana menjadi seorang hacker yang handal.

Di usia 21 tahun, Wu Lanqing pun datang ke perusahaan Alibaba untuk melamar pekerjaan. Ketika interview berlangsung, sang interviewer bertanya: "Keahlian apa yang kau miliki?"

Tanpa banyak bicara, Wu Lanqing mengambil komputer. Dan hanya dalam waktu 3 menit saja semua peralatan routing perusahaan Alibaba berhasil ditutup dan dihack olehnya.

Sejak kejadian itu, Wu Lanqing langsung diterima kerja sebagai staff IT di perusahaan Alibaba dan digaji hingga 240 juta sebulan atau setara dengan 2.8 Miliar rupiah per tahun.

-
(Source: kolase/istimewa)
Maka dari itu Wu Lanqing sangat diandalkan oleh Jack Ma (Boss atau Pendiri Alibaba), karena Jack Ma mempunyai partner kerja yang handal yang dapat menjaga sistem dan data keamanan Alibaba.

Padahal ketika pertama kali Wu Lanqing datang ke perusahaan untuk bekerja, hampir semua orang merendahkan penampilan Wu Lanqing, yang dianggap tidak mencerminkan kecerdasan yang ia miliki.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X