Harga Minyak Dunia Berpotensi Naik Terus, Pengamat: Harga BBM Tidak Turun Sudah Tepat

- Senin, 11 Mei 2020 | 14:13 WIB
Ilustrasi pengeboran minyak bumi. (Pexels/Zukiman Mohamad)
Ilustrasi pengeboran minyak bumi. (Pexels/Zukiman Mohamad)

Sepanjang satu pekan kemarin, harga minyak dunia mengalami kenaikan yang cukup signifikan di mana berdasarkan data Bloomberg pagi ini, Senin (11/5/2020) untuk jenis Brent di level US$ 30.23 per barrel dan jenis WTI di level US$ 24.08 per barrel.

Kenaikan ini disebabkan karena mulai longgarnya kebijakan dari beberapa negara seperti di Amerika Serikat dan Spanyol sehingga konsumsi energi di negara tersebut mengalami kenaikan. Jika tidak ada gelombang kedua serangan Covid-19, maka bisa dipastikan ekonomi global akan kembali tumbuh.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Executive Energy Watch menyampaikan bahwa kebijakan pemerintah ataupun badan usaha tidak menurunkan harga BBM merupakan langkah yang tepat.

”Harga minyak dunia saya kira akan terus merangkak naik karena sudah banyak negara yang melonggarkan kebijakan terkait dengan Covid-19 ini, sehingga aktivitas kembali berjalan dengan kondisi yang new normal,” ujar Mamit, Senin (11/5/2020).

Keputusan OPEC+ untuk memangkas produksi sebesar 9.7 juta BOPD awal bulan Mei 2020 mendapatkan respons positif dari pasar di mana akan dilanjutkan dengan pemotongan sebesar 7.7 juta BOPD dari Juni – Desember 2020.

“Dengan demikian, kebutuhan akan meningkat di sisi lain supply sedikit berkurang sehingga harga akan terus terkerek," lanjut Mamit.

Menurut dia, seharusnya desakan untuk menurunkan harga BBM bisa berkurang jika kita melihat kondisi secara obyektif.

”Terkait dengan harga BBM saya kira kita harus melihat secara komprehensif terutama untuk Pertamina. Tidak bisa dipisahkan dari sisi Hulu, Hilir maupun untuk Refinery, semua saling kesinambungan," ujar Mamit.

Selain itu, berdasarkan historisnya Pertamina tidak serta merta menaikkan harga BBM ketika harga minyak dunia mengalami kenaikan.

"Harga BBM jenis Premium dan Solar tidak pernah mengalami kenaikan sejak tahun 2016. Padahal dalam kurun waktu 2016 sampai 2020 harga minyak dunia pernah menyentuh di level US$ 70 – US$ 80 per barrelnya," ujar Mamit kembali.

Disampaikan juga, dengan masih diperpanjangnya PSBB hampir di seluruh wilayah Indonesia maka konsumsi BBM akan tetap mengalami penurunan.

”Penurunan konsumsi hampir mencapai 30% di bulan April sebesar 65.678 KL dari bulan sebelumnya 93.558 KL dan saya perkirakan untuk bulan Mei tidak akan jauh berbeda. Jadi, dampaknya jika diturunkan tidak akan terlalu signifikan” papar Mamit.

Mamit juga menambahkan bahwa tidak bisa membandingkan harga BBM kita dengan negara lain karena dari sisi geografis saja sudah berbeda.

"Infrastruktur penyaluran BBM saja sudah beda dan panjang sekali untuk di Indonesia karena kita adalah negara kepulauan dan semua wilayah terutama yang masuk ke 3T (Terdepan, Terpencil dan Tertinggal) harus tetap mendapatkan BBM," papar Mamit kembali.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X