Filipina Perintahkan Penutupan Stasiun TV yang Tolak Iklan Duterte

- Rabu, 6 Mei 2020 | 15:10 WIB
Presiden Filipina, Rodrigo Duterte. (Philipine Star)
Presiden Filipina, Rodrigo Duterte. (Philipine Star)

Komisi Telekomunikasi Nasional (NTC) Filipina memerintahkan media terkemuka negara itu, ABS-CBN Corp, untuk berhenti beroperasi pada Selasa (6/5/2020).

Sebelumnya, Duterte telah berulang kali mengancam akan memblokir pembaruan izin waralaba ABS-CBN. Sebab, stasiun TV tersebut pernah membuatnya marah karena menolak menayangkan iklan kampanyenya pada tahun 2016 silam.

Anggota parlemen oposisi menggambarkan perintah penangguhan operasi media itu kurang tepat, mengingat kebutuhan untuk memberikan informasi pertempuran melawan penyebaran COVID-19 di negara itu kepada publik.

Dalam sebuah pernyataan, ABS-CBN mengatakan akan menghentikan operasi pada Selasa malam untuk mematuhi perintah dari Komisi Telekomunikasi Nasional.

"Kami percaya bahwa pemerintah akan memutuskan izin kami dengan mempertimbangkan kepentingan terbaik bagi rakyat Filipina, mengakui peran ABS-CBN dan upayanya dalam menyediakan berita dan informasi terbaru selama masa-masa sulit ini," demikian pernyataan ABS-CBN Corp.

Juru bicara kepresidenan Harry Roque mengatakan, pemerintah berterima kasih atas layanan ABS-CBN, namun nasib media itu terletak di tangan Kongres.

ABS-CBN juga mengatakan telah diberikan jaminan bahwa ia dapat melanjutkan siaran saat RUU, untuk memperpanjang izinnya yang masih dibahas di Kongres.

Namun, Wakil Komisaris NTC Edgardo Cabarios mengatakan, perintah  penghentian operasi televisi itu harus segera diberlakukan. Stasiun TV tersebut diminta mengajukan banding melalui pengadilan.

Seorang senator oposisi, Risa Hontiveros mengatakan penutupan saluran itu merusak perjuangan melawan wabah COVID-19, yang telah menginfeksi lebih dari 9.600 orang di Filipina, dan menewaskan lebih dari 600 orang.

"Perintah penutupan ini bertentangan dengan kebutuhan masyarakat," kata Risa, dilansir dari Reuters.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X