Atasi Banjir, Jokowi Minta Anies Teruskan Program Naturalisasi Sungai

- Rabu, 8 Januari 2020 | 20:02 WIB
Presiden Joko Widodo memimpin rapat pencegahan dan penanganan dampak banjir di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (8/1/2020). (photo/ANTARA/Akbar Nugroho Gumay)
Presiden Joko Widodo memimpin rapat pencegahan dan penanganan dampak banjir di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (8/1/2020). (photo/ANTARA/Akbar Nugroho Gumay)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk membantu membebaskan lahan mengenai proyek sodetan Ciliwung dan juga meneruskan program naturalisasi sungai di Ibu Kota untuk menangkal banjir. Hal ini disampaikannya pada rapat terbatas di Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (8/1/2020).

"Yang berkaitan dengan Jakarta saya minta yang sodetan Ciliwung menuju ke BKT itu juga tahun ini bisa dirampungkan. Saya kira bisa secepatnya dengan Gubernur untuk bisa menyelesaikan masalah pembebasan lahannya. Dan juga pengerjaan-pengerjaan meneruskan kembali, baik normalisasi maupun naturalisasi, di sungai-sungai yang ada di Jakarta," kata Jokowi.

Tak hanya itu, Presiden Jokowi juga menegaskan untuk menormalisasikan 14 sungai yang melintasi Jakarta.

"Dan perlu saya sampaikan sungai yang ada di Jakarta bukan hanya Ciliwung saja, ada Sungai Pesanggrahan, Cipinang, Buaran, Sungai Mookervaart, dan 14 sungai lainnya ini semuanya saya kira perlu dilakukan pernormalan kembali sehingga aliran air yang ada di Jakarta bisa kembali normal," ujar Jokowi.

Bendungan Ciawi dan Bendungan Sukamahi di Kabupaten Bogor, Jawa Barat dinilai Jokowi dapat menanggulangi banjir wilayah Jabodetabek. Ia pun meminta kepada meminta Kementerian PUPR merampungkan proyek tersebut.

"Saya minta dipercepat Kementerian PUPR ini Bendungan Sukamahi dan Bendungan Ciawi, meskipun saya tahu progresnya sudah 47%, pembebasan tanah juga sudah 95%, tinggal sisanya saya kira diselesaikan," tutupnya.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X