Seekor Paus Pilot Terdampar di Pantai Selatan Gorontalo

- Sabtu, 4 Januari 2020 | 13:11 WIB
Antara/Adiwinata Solihin
Antara/Adiwinata Solihin

Seekor paus jenis pilot terdampar di Pantai Selatan Gorontalo Desa Tolotio, Provinsi Gorontalo, pada Sabtu pagi (4/1/19).

Paus tersebut memiliki ukuran sekitar 4-5 meter. Warga menemukan paus tersebut pada pukul 05.00 WITA dalam keadaan masih hidup.

"Tapi saat air laut surut, tubuh paus ini terbentur terumbu karang. Sejak itu kami amati hingga akhirnya ikan pausnya sudah mati," ujar Kepala Desa Tolotio Marlen Hamdata.

Sebelumnya, warga sempat berusaha mengembalikan paus tersebut kembali ke perairan. Namun, cara itu ternyata sulit dilakukan lantaran air yang sedang surut dan bobot tubuh paus yang cukup berat.

-
Antara/Adiwinata Solihin

Hingga saat ini, paus tersebut masih di posisinya dan menjadi tontonan warga.

"Sampai sekarang paus masih jadi tontonan warga. Kami juga tidak tahu harus menghubungi siapa untuk hal ini, tapi sudah ada polisi yang datang tadi," ujar Marlen Hamdata.

Berdasarkan informasi Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir Laut (BPSPL) Makassar, penyelamatan mamalia terdampar seperti paus, lumba-lumba dan dugong memiliki cara khusus.

Adapun langkah yang bisa dilakukan yaitu menguburnya jika kondisi lahan memungkinkan.

Atau bisa menggunakan alternatif kedua, yaitu ditarik kembali ke laut yang lebih dalam kemudian ditenggelamkan.

Jika kedua penanganan di atas masih sulit dilakukan, maka cara yang bisa dilakukan yaitu membakar bangkai paus tersebut.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X