Sederet Kontroversi yang Dilakukan Pangeran Harry

- Kamis, 9 Januari 2020 | 12:05 WIB
Pangeran Harry saat mengunjungi Canada House di London, Inggris, 7 Januari 2020. (REUTERS/Pool/Daniel Leal-Olivas)
Pangeran Harry saat mengunjungi Canada House di London, Inggris, 7 Januari 2020. (REUTERS/Pool/Daniel Leal-Olivas)

Pangeran Harry mengumumkan dirinya beserta istri, Meghan Markle dan putranya, Archie Harrison mundur dari keluarga Kerajaan Inggris. Fokus pada masa depan keluarganya adalah salah satu alasannya.

Dia membuat pengumuman melalui akun Instagram resmi, @sussexroyal. Keputusan tersebut jelas membuat heboh publik.

Selama ini, Pangeran Harry dikenal sebagai keluarga Kerajaan Inggris yang sering membuat kontroversi. Dirangkum Indozone dari berbagai sumber, Kamis (9/1/2020), inilah sederet kontroversi yang pernah dilakukan Pangeran Harry.

-
Pangeran Harry (Chris Jackson/Pool via REUTERS)

1. Gunakan Ganja dan Minum Alkohol

Saat berusia 17 tahun, Pangeran Harry mencoba-coba merokok ganja. Hal itu diketahui oleh sang ayah, Pangeran Charles yang kemudian mengirimnya ke pusat rehabilitasi. Ia juga mulai meminum alkohol di usia 17 yang masih dianggap di bawah umur. Di Inggris, seseorang boleh minum alkohol apabila usianya sudah 18 tahun.

2. Memakai Baju Berlogo Nazi
Pangeran Harry melanjutkan kontroversinya dengan mengenakan kemeja berlogo Nazi di lengan kirinya pada 2005. Saat itu ia pergi ke pesta kostum dengan tema "Colonial and Native". Setelah dihujat publik, Pangeran Harry meminta maaf. 

3. Foto Tanpa Busana
Kontroversi besar selanjutnya adalah beredarnya foto telanjang Pangeran Harry dan seorang perempuan pada 2012. Foto tersebut diambil di sebuah klub mewah di Las Vegas dan dipublikasikan oleh TMZ.

-
Pangeran Harry dan istrinya Meghan naik kereta kuda setelah upacara pernikahan di Kapel St George di Windsor Castle, Inggris, 19 Mei 2018. (REUTERS/Damir Sagolj)

4. Menikahi Meghan Markle
Keputusan Pangeran Harry menikahi Meghan Markle pada 2018 juga memunculkan kontroversi. Meghan adalah aktris, seorang janda, dan bukan warga negara Inggris. Hal ini membuat banyak pihak menilai Pangeran Harry melanggar aturan kerajaan. Di sisi lain, banyak yang mendukung keputusan Pangeran Harry mengambil langkah berani mendobrak aturan kerajaan dan menikahi perempuan berdarah campuran Afrika-Amerika.

5. Aturan untuk Tetangga
Setelah beberapa bulan tinggal di Kensington Palace bersama Pangeran William dan Kate Middleton, Pangeran Harry dan Meghan Markle resmi pindah ke Frogmore Cottage di Windsor, Inggris. Namun kepindahan mereka membuat para tetangga kesal karena peraturan bertetangga.

Ada aturan apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama bertetangga dengan Pangeran Harry dan Meghan. Tetangga hanya boleh mengucapkan "Selamat pagi" saat berpapasan dengan mereka, itu pun jika Pangeran Harry dan Meghan menyapa terlebih dulu.

Para tetangga juga tidak boleh menyentuh anjing peliharaan Harry dan Meghan, apalagi mengajak bermain Archie Harrison. Para warga di sekitar kesal dan membandingkan dengan Ratu Elizabeth II yang selalu mengajak ngobrol tetangga saat datang ke Frogmore Cottage.

-
Pangeran Harry dan Meghan Markle bersama putra mereka, Archie (REUTERS/Pool/Dominic Lipinski)

6. Pakai Jet Pribadi
Beberapa bulan lalu, Pangeran Harry dan Meghan beserta Archie berlibur ke Ibiza menggunakan jet pribadi. Perjalanan yang kemudian disebut meninggalkan jejak karbon besar itu pun menjadi kontroversi. Sebab, selama ini Pangeran Harry dan Meghan Markle membangun citra peduli tentang planet dan perubahan iklim.

7. Kartu Natal Hitam Putih
Baru-baru ini Pangeran Harry membawa keluarganya berlibur ke Kanada selama enam pekan dalam rangka liburan Natal dan Tahun Baru. Namun ia tetap mengirimkan kartu Natal untuk para staf dan keluarga kerajaan Inggris lainnya.

Foto berwarna hitam putih itu memperlihatkan Archie di bagian paling depan dengan wajah sangat jelas. Sementara Harry dan Meghan berada di belakang. Banyak warganet menuduh kartu Natal itu adalah hasil editan karena wajah Meghan lebih fokus dari Harry. Namun sang fotografer, Janina Gavankar membantah dan mengatakan itu adalah foto asli yang dia ambil.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X