The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Menkes Beri Penjelasan Soal Kasus Harian Covid-19 Alami Lonjakan, Ini Penyebabnya
Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin. (photo/Twitter/@KemenkesRI)
News

Menkes Beri Penjelasan Soal Kasus Harian Covid-19 Alami Lonjakan, Ini Penyebabnya

Kasus Harian Covid-19 Alami Lonjakan

Selasa, 13 Juli 2021 19:41 WIB 13 Juli 2021, 19:41 WIB

INDOZONE.ID - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menjelaskan mengapa kasus harian konfirmasi Covid-19 belakangan ini mengalami lonjakan. Terbaru pada hari ini, Selasa (13/7/2021) kasus harian mencapai 47.899.

Menurut Budi, terjadinya lonjakan kasus disebabkan juga naiknya jumlah testing yang ada. Sehingga dia pun menekankan hari ini akan terjadi lonjakan kasus Covid-19.

"Maka bapak, ibu lihat hari ini akan ada lonjakan testing, mungkin juga akan ada lonjakan kasus konfirmasi (covid-19)," kata Budi dalam rapat kerja bersama Komisi IX DPR, Selasa (13/7/2021).

Budi berujar sejauh ini pihaknya sudah mendorong angka testing dikisaran 150-200 ribu per harinya. Kemudian di masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat mencapai 400 ribu testing.

"Jadi target 400 ribu waktu PPKM darurat itu sudah dipasang dan kita udah bagi ke semua Kota/Kabupaten harus naik ke arah sini," tutur dia.

Lebih lanjut Budi meminta semua pihak agar tidak perlu panik jika ada lonjakan kasus Covid-19. Pasalnya angka testing Covid-19 dinaikan, kemudian identifikasi kepada orang yang terpapar bisa dilacak juga semakin masif.

"Toh dengan lihat apa adanya kita bisa respon lebih baik identifikasi orangnya mana, kita lacak dan kita masukan. Dari pada kita nutup-nutupin supaya kelihatan baik tapi nanti meledak. Itu yang kejadian sekarang kan tiba-tiba enggak ada kasus konfirmasi tapi masuk ke rumah sakitnya banyak, orang sebelum masuk ke rumah sakit kan terkonfirmasi dulu," tegasnya.

"Ini yang akan kita bereskan, nah mungkin bapak ibu mungkin beberapa hari ini akan ada lonjakan tapi itu bukan baru, tapi karena memang sebelumnya enggak terlaporkan saja, tapi sekarang jadi terlaporkan," imbuh dia.
 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Susi Fatimah
Harits Tryan Akhmad

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US