Fadli Zon Dukung Jokowi Cabut Larangan Ekspor CPO, Tapi Minta Mendag Lutfi Diganti

- Minggu, 22 Mei 2022 | 13:06 WIB
Fadli Zon. (INDOZONE Harits Tryan) dan Muhammad Lutfi. (Antara)
Fadli Zon. (INDOZONE Harits Tryan) dan Muhammad Lutfi. (Antara)

Pemerintah memastikan akan kembali membuka ekspor minyak goreng mulai Senin (23/05/2022) mendatang. Hal tersebut sebagaimana yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Mengenai hal tersebut, Anggota DPR RI Fadli Zon, mendukung kebijakan yang dilakukan oleh Presiden Jokowi tersebut. Sebab, ia memandang memang sudah seharusnya larangan ekspor crude palm oil (CPO) dicabut.

“Akhirnya larangan ekspor CPO dicabut. Sudah seharusnya,” kata Fadli sebagaimana dilihat dalam cuitan akun Twitter pribadinya @fadlizon, Minggu (22/5/2022).

Meskipun mendukung, Fadli berharap agar Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi  dicabut jabatannya oleh Presiden Jokowi. Ia berharap ada sosok lain yang lebih kompeten untuk mengisi kursi Mendag.

Baca juga: Kalahkan Tuan Rumah Vietnam, Zul Ilmi Rebut Emas Angkat Besi SEA Games 2021

“Menteri Perdagangan-nya diganti saja, cari yang kompeten,” tutur Fadli.

Sebelumnya Pemerintah memastikan akan kembali membuka ekspor minyak goreng mulai Senin (23/05/2022) mendatang. Keputusan tersebut diambil pemerintah setelah memperhatikan kondisi pasokan dan harga minyak goreng saat ini serta mempertimbangkan para tenaga kerja dan petani di industri sawit.

Hal tersebut disampaikan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dalam pernyataannya di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (19/05/2022).

“Berdasarkan kondisi pasokan dan harga minyak goreng saat ini serta mempertimbangkan adanya 17 juta orang tenaga kerja di industri sawit, baik petani, pekerja, dan juga tenaga pendukung lainnya, maka saya memutuskan bahwa ekspor minyak goreng akan dibuka kembali pada Senin, 23 Mei 2022,” ujar Presiden.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X