OPM Klaim Tembak Mati 1 TNI Usai Baku Tembak di Ilaga Papua

- Senin, 16 Agustus 2021 | 15:19 WIB
Juru bicara TPNPB-OPM, Sebby Sambom (kanan). (Dok. TPNPB-OPM)
Juru bicara TPNPB-OPM, Sebby Sambom (kanan). (Dok. TPNPB-OPM)

Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) Organisasi Papua Merdeka (OPM) menyebut pihaknya sempat terlibat kontak tembak dengan TNI-Polri di Ilaga, Papua beberapa waktu yang lalu. Dalam baku tembak ini, OPM mengklaim berhasil menembak mati satu anggota TNI.

Hal tersebut diungkapkan oleh Jubir TPNPB-OPM Sebby Sambom. Sebby menyebut baku tembak tersebut terjadi pada 15 Agustus 2021 di District Gome, Ilaga, Papua.

"Kontak senjata terjadi di District Gome setelah anggota TNI masuk serang pasukan TPNPB-OPM tepat pukul 00.00 malam untuk mengepung anggota TPNPB," kata Sebby dalam keterangan tertulisnya seperti yang diterima Indozone, Senin (16/8/2021).

Sebby menyebut aksi TNI-Polri terendus anggotanya. Baku tembak pun terjadi.

"Namun pemantauan anggota tercium dan akhirnya kontak senjata telah dilakukan dari pukul 11.00 sampai 12.00 siang," beber Sebby.

Akibat dari baku tembak ini, Sebby mengklaim pihaknya berhasil menembak mati satu prajurit TNI. Dua orang lainnya juga terluka usai tertembak dalam insiden ini.

"Dalam kontak senjata tersebut satu anggota TNI tertembak mati di tempat dan dua orang luka-luka dan evakuasi ke Kota Ilaga. Sementara pihak anggota TPNPB tidak ada yang menjadi korban maupun luka-luka," kata Sebby.

BACA JUGA: Update Corona Dunia 16 Agustus: 208 Juta Kasus Global, Indonesia Lampaui Jerman

Indozone sudah mengkonfirmasi terkait klaim tersebut ke Kapendam XVII Cenderawasih, Letkol Reza Nur Patria. Namun, hingga berita ini diturunkan, pesan singkat Indozone belum direspons oleh Letkol Reza.
    


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X