Anies: Ada atau Tidak Ada Pandemi, Usahakan Buka Puasa di Rumah

- Kamis, 31 Maret 2022 | 18:10 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (tengah) membeli kopi. (ANTARA/Galih Pradipta)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (tengah) membeli kopi. (ANTARA/Galih Pradipta)

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengimbau agar masyarakat melakukan buka puasa di rumah. Hal itu dianjurkannya ada atau tidaknya pandemi Covid-19 yang menyerang Tanah Air. 

"Gini dengan atau tidak ada pandemi usahakan untuk kerjakan di rumah," ucap Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (31/3/2022). 

Kendati demikian, Anies menyebutkan bahwa hal tersebut merupakan sebuah anjuran. Sehingga, ia tidak melarang jika ada yang mau menggelar buka puasa bersama (bukber). 

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini mengingatkan agar masyarakat dapat menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Hal itu guna mengantisipasi terjadinya lonjakan kasus Covid-19. 

"Jadi ingat pengalaman pandemi kemarin? bahwa penularan itu bisa terjadi kalau kita lengah. Kalau kita menganggap enteng," terangnya. 

"Yuk kita jaga supaya sepanjang Ramadhan tidak ada peningkatan signifikan kasus dan pasca lebaran juga tidak ada peningkatan signifikan kasus," tandas Anies. 

BACA JUGA: Sejak Awal Stadion JIS Punya Dampak, Anis Baswedan: Ini Mesin Penggerak Kemajuan

Seperti diberitakan sebelumnya, Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito memperbolehkan masyarakat melakukan bukber alias buka puasa bersama, tapi tidak boleh sambil mengobrol. 

"Kalau buka puasa bersama sebaiknya dijaga jarak yang cukup dan tidak usah berbicara saat makan. (kemudian) jangan lupa cuci tangan sebelum makan supaya betul-betul kita selalu bersih dan sehat. Jadi semua bisa dilakukan asal betul-betul adaptasinya dilakukan dengan protokol kesehatan," papar Wiku.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X