Terawan Dianggap Salah Satu Dokter Terbaik, Pemecatan oleh IDI Disayangkan

- Minggu, 27 Maret 2022 | 12:25 WIB
Dokter Terawan Agus Putranto. (INDOZONE)
Dokter Terawan Agus Putranto. (INDOZONE)

Anggota Komisi IX DRP RI Saleh Partaonan Daulay menyayangkan sikap Majelis Kehormatan Etik Kedokteran (MKEK)  Ikatan Dokter Indonesia (IDI) yang memecat mantan Menteri Kesehatan dr Terawan Agus Putranto. Pasalnya, menurut Saleh, Terawan adalah salah satu dokter terbaik yang dimiliki Indonesia.

"Pemecatan secara permanen dr. Terawan dari keanggotaan IDI sangat disayangkan. Pasalnya, dr. Terawan adalah salah satu dokter terbaik yang dimiliki Indonesia," kata Saleh kepada Indozone, Minggu (27/3/2022).

Dikatakan Saleh, sebagai dokter dan anggota TNI, banyak prestasi yang sudah ditorehkan oleh Terawan. Bahkan tidak berlebihan bila disebut bahwa RSPAD menjadi salah satu rumah sakit besar yang berkualitas baik, berkat tangan dingin dokter Terawan.

Maka dari itu dia mengaku terkejut atas keputusan IDI yang memberhentikan Terawan sebagai anggota dalam acara Muktamar IDI. Karena sejatinya sebagai wadah konsolidasi, IDI semestinya menjadi ajang merajut persatuan dan bukan malah menjadikan tempat pemecatan.

Baca juga: Terkait Laporan Nikita Mirzani, Kiki The Potters dan Isa Zega: Hidung Kok Seperti Jambu

"Saya benar-benar terkejut dengan keputusan itu. Muktamar semestinya dijadikan sebagai wadah konsolidasi dan silaturrahim dalam merajut persatuan. Kok, ini malah dijadikan sebagai wadah pemecatan. Permanen lagi. Ini kan aneh ya?" beber Saleh.

Kemenkes Segera Ambil Tindakan

Menyikapi persoalan ini, Saleh pun meminta agar Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengambil tindakan. Kemenkes, kata Saleh, harus memfasilitasi pertemuan IDI dengan Terawan.

"Berbagai persoalan dan isu yang beredar harus diselesaikan, melalui dialog yang baik, semua masalah diharapkan dapat selesai," jelas Saleh.

Saleh merasa janggal dengan beberapa persoalan yang dipaparkan IDI terkait pemecatan Terawan, seperti salah satunya adalah kegiatan vaksin Nusantara. Padahal menurut Politisi PAN ini, vaksin Nusantara memberikan efek yang positif bagi dirinya.

"Ada beberapa kegiatan dr. Terawan yang disoal. Misalnya, DSA dan vaksin nusantara. Saya dan keluarga adalah pasien langsung dr. Terawan yang mencoba kedua hal itu. Setelah di-DSA, rasanya tidak ada masalah," urai Saleh.

"Bahkan, ada perasaan lega dan enak. Begitu juga vaksin nusantara. Setelah divaksin, alhamdulillah tidak ada masalah. Sejauh ini, kami baik-baik saja," tambahnya.

Sebelumnya Mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto diberhentikan dari keanggotaan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Pusat. Keputusan ini merupakan rekomendasi dari Majelis Kehormatan Etik Kedokteran Ikatan Dokter Indonesia (MKEK IDI).

Kabar pemberhentian Terawan pertama kali muncul usai Epidemiolog, Pandu Riono membagikan video yang berasal dari Muktamar ke-31 IDI di Banda Aceh.

“Terawan diberhentikan secara permanen dari keanggotaan IDI, salah satu keputusan Muktamar XXXI di Kota Banda Aceh,” tulisnya dalam keterangan unggahan, Jumat (24/3/2022).

Halaman:

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

X