Kapal Singapura MV Swift Rescue Bantu Evakuasi KRI Nanggala 402, Temukan Kapal Terbelah 3

- Rabu, 28 April 2021 | 09:28 WIB
Kapal Singapura MV Swift Rescue. (Wikipedia).
Kapal Singapura MV Swift Rescue. (Wikipedia).

TNI Angkatan Laut masih terus berupaya untuk mengevakuasi kapal selam KRI Nanggala-402 yang tenggelam di perairan Bali. Dalam proses evakuasinya,  kapal Singapura MV Swift Rescue membantu jalannya evakuasi.

Dalam proses pencarian sebelumnya, MV Swift Rescue sukses mengambil gambar bagian KRI Nanggala 402 yang kondisinya sudah terbelah tiga bagian di kedalaman 838 meter di laut Bali Utara.

Melansir dari Wikipedia, MW Swift Rescue dilengkapi dengan Submarine Rescue Vehicle DSAR 6, Integrated Navigation & Tracking System, perangkat kendaraan bawah laut Remotely Operated Vehicle (ROV) dan lain sebagainya. Alat ROV tersebut yang membantu mengangkat bagian kapal selam tersebut.

"Pelaksanaan evakuasi di Laut Bali tetap dilaksanakan sampai sekarang," kata Asisten Perencanaan dan Anggaran Kasal Laksda TNI Muhammad Ali, saat jumpa pers di Mabesal Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (27/4/2021) dikutip dari Antara.

Baca Juga: Mabes Polri Harap Masyarakat Ikuti Imbauan Tak Gelar Takbiran Keliling

-
KRI Nanggala 402 ditemukan di kedalaman 838 meter di bawah permukaan laut dan TNI AL akan berusaha mengevakuasi badan kapal selam tersebut. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru).

Menurut Ali, alat remote operation vehicle (ROV) berhasil mengangkut sejumlah barang dari lokasi tenggelamnya KRI Nanggala. Salah satunya hydrophone dan torpedo.

"Itu hydrophone dari kapal selam KRI Nanggala kemudian beberapa foto yang diambil kemudian ditemukan torpedonya juga," ujar Ali.

Dia menambahkan, tim evakuasi akan berusaha mengangkat bagian-bagian kecil, mengingat kemampuan ROV itu hanya bisa mengangkat maksimal 150 kg.

"Tapi, nanti kita koordinasikan agar bisa mengangkat yang lebih besar dari itu," kata Ali.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X