The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Depresi Tangani Covid-19, Dokter Muda di India Bunuh Diri
Kremasi massal jasad pasien Covid-19 di sebuah krematorium darurat di ibu kota New Delhi, IIndia, Senin (26/4/2021). (REUTERS/Adnan Abidi)
News

Depresi Tangani Covid-19, Dokter Muda di India Bunuh Diri

Frustrasi.

Selasa, 04 Mei 2021 15:19 WIB 04 Mei 2021, 15:19 WIB

INDOZONE.ID - Seorang dokter berusia 36 tahun di India ditemukan tewas bunuh diri di rumahnya. Dokter bernama Vivek Rai ini diduga bunuh diri akibat depresi setelah bekerja menangani pasien Covid-19 selama satu bulan.

Saalah satu kolega dr Rai yang tak ingin disebutkan namanya mengatakan Rai bertugas merawat pasien Covid-19 di ICU sebuah rumah sakit swasta di Delhi selama satu bulan terakhir.

"Dia akan memberikan CPR kepada sekitar tujuh hingga delapan pasien setiap hari. Meskipun sudah diupayakan, tidak banyak yang bisa bertahan," katanya dikutip dari Indiatoday, Selasa (4/5/2021).

Ia menambahkan, dr Rai merasa frustrasi dengan situasi dan kondisi pasien Covid-19 yang selama ini dia rawat. Rekannya juga menyebut sebagai pejuang Covid-19 di garis terdepan, dr. Rai telah menyelamatkan ratusan nyawa selama pandemi.

Dokter Rai ditemukan tewas di kediamannya di Malviya Nagar. Ia meninggalkan seorang istri yang sedang hamil dua bulan.

BACA JUGA: Update Corona Dunia 4 Mei: 154 Juta Kasus, India Tembus 20 Juta Kasus

Mantan presiden nasional Asosiasi Medis India, Dr Ravi Wankhedkar berkomentar atas kematian dr. Rai.

"Ini sekali lagi membawa fokus ketegangan emosional yang luar biasa yang dialami dokter dan petugas kesehatan saat menangani krisi Covid-19. Kematian seorang dokter muda ini tidak lain adalah pembunuhan oleh sistem yang telah menciptakan frustrasi karena kekurangan fasilitas perawatan kesehatan dasar," kata dr. Ravi.

Lonjakan kasus Covid-19 di India memang semakin parah dalam beberapa minggu terakhir. Fasilitas kesehatan kewalahan dan para tenaga kesehatan kelelahan parah akibat krisi Covid-19 ini.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno
Utami Evi Riyani
JOIN US
JOIN US