Penyekatan di Gresik, Polisi Temukan Pemudik Positif Usai Rapid Antigen

- Senin, 17 Mei 2021 | 11:05 WIB
 Pelaksanaan rapid antigen di Pos Pam Desa Pandanan Duduksampeyan, Kabupaten Gresik, Jatim. (ANTARA /HO-Polres Gresik)
Pelaksanaan rapid antigen di Pos Pam Desa Pandanan Duduksampeyan, Kabupaten Gresik, Jatim. (ANTARA /HO-Polres Gresik)

Aparat kepolisian resor Kabupaten Gresik, Jawa Timur menemukan seorang pemudik positif dari delapan pemudik yang dilakukan rapid antigen usai melewati penyekatan di wilayah setempat dan meminta untuk putar balik.

Kasat Lantas Polres Gresik, AKP Yanto Mulyanto di Gresik, Senin (17/05) mengatakan bahwa total kendaraan yang dipaksa putar balik hasil penyekatan di Pos Pam Desa Pandanan, Duduksampeyan sebanyak 101 kendaraan.

"Data pemeriksaan Polres Gresik hingga Minggu (16/4) sore, pemeriksaan dilakukan kepada roda dua sebanyak 98 unit, dan mobil penumpang 235 unit, hal ini terkait larangan mudik Lebaran Idul Fitri 1442 Hijriah," kata Yanto kepada wartawan, seperti dilansir Antara.

Sementara itu, yang diminta untuk putar balik secara rinci roda dua sebanyak 25 unit dan mobil penumpang 76 unit, karena tidak memenuhi persyaratan yang telah ditentukan.

"Kami juga melakukan rapid test disela-sela penyekatan. Dari 8 kali rapid test yang dilakukan kepada pemudik terdapat 1 dinyatakan positif," katanya.

Ia menjelaskan bahwa kegiatan penyekatan terus dilaksanakan hingga berakhir hari ini, yakni 17 Mei 2021, tujuannya untuk mencegah pemudik dari luar Gresik yang masuk, dan sebagai upaya mencegah penyebaran COVID-19.

"Kegiatan lainnya yang kami lakukan adalah pembagian masker kepada masyarakat," kata Yanto.

Ia juga mengingatkan bahwa yang terpenting adalah kesadaran masyarakat untuk dapat mengikuti protokol kesehatan, sehingga penyebaran COVID-19 bisa cepat berakhir dan situasi normal kembali.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X