3 Anak Meninggal Akibat Hepatitis Misterius, Dinkes DKI Diminta Segera Lakukan Antisipasi

- Kamis, 5 Mei 2022 | 11:31 WIB
Ilustrasi anak sakit. (Freepik/lifeforstock)
Ilustrasi anak sakit. (Freepik/lifeforstock)

Wakil Ketua Komisi E DPRD DKI Jakarta Anggara Wicitra Sastroamidjojo, meminta keseriusan Pemprov DKI mengatasi beredarnya penyakit hepatitis akut. Pasalnya, penyakit ini sudah memakan tiga korban jiwa berusia anak-anak di Jakarta.

Menurut Anggara, Pemprov DKI sebaiknya belajar dari pengalaman agar tidak lagi meremehkan penyakit yang baru menyebar, apalagi kali ini menyasar anak-anak.

“Kita harus nyalakan alarm kewaspadaan lagi karena WHO-pun sudah menetapkan meningkatnya kasus hepatitis akut ini sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB)," ucap Anggara, Kamis (5/5/2022).

Baca juga: Reaksi Nagita Slavina saat Ditanya Harga Barang Branded Miliknya: KW Beli di Mangga Dua 

Ketua Fraksi PSI ini mengatakan peran Dinas Kesehatan DKI Jakarta sangat penting dalam mengantisipasi lonjakan kasus ini. Melalui Surat Edaran nomor HK.02.02/C/2515/2022, Kementerian Kesehatan meminta peran aktif Pemerintah Daerah.

“Dinkes DKI Jakarta harus segera berkoordinasi intens dengan Kemenkes untuk melakukan investigasi dan tracing agar dapat menemukan titik penyebaran awalnya,” tambahnya.

Selain itu, ia juga meminta agar sosialisasi kepada masyarakat terkait beredarnya penyakit ini juga dapat dilakukan dengan melibatkan pengurus wilayah.

“Sosialisasi juga penting dilakukan sampai ke masyarakat. Bisa libatkan pengurus RT, RW, atau Kader PKK. Namun materi yang disebarkan harus dibuat sejelas mungkin, kita tentu tidak mau membuat panik masyarakat yang baru mau bebas dari pandemi Covid-19,” tutup Anggara.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X