The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Kata Jokowi Soal Aksi Kritik: Saya Tidak Antikritik, Sudah  Biasa Dihina
Presiden Jokowi. (ANTARA FOTO/HO/Biro Pers Sekretariat Presiden)
News

Kata Jokowi Soal Aksi Kritik: Saya Tidak Antikritik, Sudah Biasa Dihina

Jumat, 17 September 2021 09:40 WIB 17 September 2021, 09:40 WIB

INDOZONE.ID - Aksi kritik yang dilayangkan kepada Presiden Jokowi menuai berbagai sorotan, seperti yang baru saja terjadi saat Jokowi melakukan kuker ke Solo, di mana terdapat oknum yang membentangkan poster di jalanan yang berujung penangkapan.

Jokowi tegaskan penangkapan itu bukan atas perintahnya karena ia bukan orang yang antikritik.

"Saya tidak antikritik. Sudah biasa dihina. Saya dibilang macam-macam, dibilang PKI, antek asing, aseng, plonga plongo. Itu sudah makanan saya sehari-hari," kata Jokowi, Rabu (15/9).

Atas tindakan penangkapan, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mendapat teguran dari Jokowi. Kepada Jokowi, Sigit mengatakan kebijakan itu adalah inisiatif anggotanya.

"Pak Kapolri mengatakan itu bukan kebijakan kita, tapi Kapolres. Dan Kapolres juga mengatakan, itu bukan kebijakan mereka, tapi inisiatif di Polsek. Saya minta jangan terlalu berlebihan," ujar Jokowi.

Saat melakukan kunjungan kerja ke Blitar (7/9), Jokowi juga mendapati aksi bentang poster oleh warga bernama Suroto, di mana poster itu berisi permintaan agar peternak mendapatkan jagung dengan harga terjangkau.

"Saya baca kok isi posternya. Biasa saja. Yang di Blitar itu juga hanya peternak ayam menyampaikan soal pakan. Ini tadi saya undang ke sini," kata Jokowi.

Saat Suroto diundang ke Istana Negara, Jokowi menanyakan soal tindakan kepolisian saat ia ditangkap.

"Saya tanya dia. Kamu diapain saja di kantor polisi? Dia jawab, ditanya-tanya pak, terus disuruh pulang," kata Jokowi.

Usai mendapat teguran, Kapolri lalu mengeluarkan perintah yang tertuang dalam telegram nomor STR/862/IX/PAM.3/2021, Rabu (15/9/2021).

Dalam surat perintah itu, polisi diminta tak reaktif & bisa memberikan ruang bagi masyarakat yang mau menyampaikan keinginannya.
 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Silvia Marissa
Zega

Zega

Editor
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US