The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Varian Delta Kian Mengganas, Luhut Sebut Tak Ada Satu Pun Negara yang Sudah Bisa Mengatasi
Luhut Binsar Pandjaitan. (Instagram/luhut.pandjaitan)
News

Varian Delta Kian Mengganas, Luhut Sebut Tak Ada Satu Pun Negara yang Sudah Bisa Mengatasi

Kamis, 22 Juli 2021 12:38 WIB 22 Juli 2021, 12:38 WIB

INDOZONE.ID - Laju penularan virus corona varian Delta di Indonesia terus alami peningkatan. Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan sebut pemerintah akan terus berupaya, meskipun tidak mudah untuk hentikan virus yang tingkat penularannya begitu cepat ini

"Tak ada satu pun negara di dunia yang sekarang bisa klaim bahwa mereka sudah bisa mengatasi ini," ungkap Luhut dalam konferensi pers, Rabu malam (21/7/2021).

Saat ini, pemerintah kembali perpanjang Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), yang semula berakhir pada 20 Juli, namun diperpanjang hingga 25 Juli mendatang dengan status level 4.

Selama PPKM Level 4 diberlakukan, pemerintah akan tracing, testing dan membangun fasilitas isolasi. Tracing nantinya dilakukan hingga ke rumah padat penduduk. Jika ditemukan kasus positif, pasien akan langsung dibawa ke fasilitas isolasi yang sudah dibangun pemerintah.

Luhut juga mengatakan selama PPKM darurat diberlakukan, terlihat penurunan dalam sejumlah aspek, seperti tingkat mobilitas penduduk, hingga turunnya angka keterisian tempat tidur di rumah sakit.

Penurunan tersebut terjadi di sejumlah provinsi seperti DKI Jakarta dan Jawa Barat yang kini tercatat 79 persen. Meski begitu, Luhut tak ingin pemerintah begitu saja melonggarkan pembatasan. Pelonggaran hanya akan dilakukan apabila kasus Covid-19 sudah semakin menurun.

"Kita juga ingin hati-hati sehingga nanti yang baru mulai baik, jangan jadi memburuk. Jadi mohon kesabaran kita semua, karena kita berperang terhadap satu Delta varian yang betul-betul sangat ganas ini," kata Luhut.

Selain itu, Luhut mengatakan jika vaksinasi juga akan terus dipercepat. Ia meminta masyarakat untuk selalu disiplin dalam mematuhi protokol kesehatan.

"Saya juga ingin memohon kepada masyarakat Indonesia bahwa kita ini berjuang melawan varian Delta belum selesai, dan saya minta kita semua supaya bahu-membahu untuk menyelesaikan ini masalah kemanusiaan," pungkasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Zega
Silvia Marissa
Zega

Zega

Editor
JOIN US
JOIN US