Video Presiden Jokowi Telepon Menkes di Tepi Jalan usai Sidak Obat Antivirus ke Apotek

- Jumat, 23 Juli 2021 | 22:49 WIB
Presiden Jokowi telepon Menkes usai blusukan ke Apotek. (photo/Screenshoot/YouTube/Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi telepon Menkes usai blusukan ke Apotek. (photo/Screenshoot/YouTube/Sekretariat Presiden)

Presiden Jokowi mendadak blusukan ke sebuah apotek di Bogor, Jawa Barat untuk mengecek langsung ketersediaan obat antivirus hingga vitamin. Namun, Jokowi tak menemukan obat dan vitamin yang ditanyakannya.

Jokowi menanyakan ketersediaan dua obat antivirus yakni Oseltamivir dan Favipiravir. Lalu ia menanyakan ketersediaan obat antibiotik Acetromicin dan vitamin D3 5000UI. Namun semua yang ditanyakan Jokowi tidak tersedia di apotek itu.

Setelah itu, Jokowi langsung menelepon Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Ia menyampaikan bahwa sejumlah obat dan vitamin yang dicarinya tak tersedia di salah satu apotek di Bogor.

"Halo Pak Menteri. Pak Menteri ini saya cek ke apotek di Bogor. Saya cari obat antivirus Oseltamivir nggak ada. Cari lagi, obat antivirus yang Favipiravir juga nggak ada, kosong. Saya cari obat yang antibiotik, Acetromicin juga nggak ada," kata Jokowi  seperti dilihat INDOZONE dalam kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (23/7/2021).

"Baik, kami cek ya," jawab Budi.

"Stok nggak ada sudah seminggu lebih. Terus vitamin D3 juga yang 5000 juga nggak ada. Ini saya," kata Jokowi.

"Apa tadi pak?" tanya Budi.

"Vitamin D3 yang 5000UI," jawab Jokowi.

"Ini saya yang dapet hanya multivitamin yang mengandung zinc, hanya itu. Suplemen juga, suplemen apa ini ada yang apa, D3nya ada tapi hanya yang 1000. Hanya dapat ini saja. Vitamin D3 yang 1000UI. Kemudian yang suplemen yang kombinasi multivitamin ada. Jadi yang lain-lain, obat antivirus, antibiotik nggak ada semuanya," lanjutnya.

"Di Kota Bogor ya pak ya?" tanya Budi lagi.

"Iya, iya," jawab Jokowi.

"Mohon maaf ya pak ya," kata Budi.

"Ini apoteknya Villa Duta," timpal Jokowi.

Menkes Budi kemudian menjelaskan bahwa obat yang dicari Jokowi hanya tersedia di apotek Kimia Farma hingga K24 di Bogor. Ia mengatakan, masyarakat bisa mengecek ketersediaannya secara online.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X