Wapres Tegaskan MUI Bukan Lembaga Teroris: Yang Dibakar Tikusnya, Bukan Rumahnya

- Rabu, 24 November 2021 | 18:32 WIB
Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin. (photo/Instagram/@kyai_marufamin)
Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin. (photo/Instagram/@kyai_marufamin)

Wakil Presiden Ma'ruf Amin menegaskan bahwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) bukan lembaga teroris. Namun, MUI adalah rekan atau partner pemerintah dalam memberantas terorisme.

Pernyataan Ma'ruf Amin ini untuk merespons seorang anggota Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ahmad Zain an-Najah (ZA) oleh Densus 88 terkait dugaan terorisme.

"MUI bersama BNPT terus melakukan upaya-upaya untuk kontra radikalisme dan juga langkah-langkah deradikalisasi. Jadi, kalau MUI secara lembaga dianggap justru tidak memperhatikan terorisme, itu suatu kesalahan besar, karena memang sejak awal MUI sudah justru merupakan partner pemerintah di dalam penanggulangan terorisme," kata Wapres yang juga Ketua Dewan Pertimbangan MUI Pusat dalam keterangan pers dikutip, Selasa (23/11/2021).

Ma'ruf Amin menambahkan, MUI sejak lama berkomitmen dalam pemberantasan terorisme. Bahkan katanya, MUI adalah salah satu lembaga yang turut menginisiasi terbentuknya Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

Soal adanya penyusupan teroris di tubuh MUI, Ma'ruf Amin menilai hal itu adalah kejadian yang tak bisa dihindari. Sebab katanya, MUI merupakan organisasi besar yang di dalamnya berkumpul banyak sekali representasi organisasi massa. Selain itu, derasnya arus informasi dan kemajuan teknologi juga merupakan salah satu faktor tercepat dalam mengubah pola pikir seseorang.

"Jangan karena satu orang, namanya penyusupan di mana-mana ada penyusupan itu. Jadi, bukan rumahnya yang dibakar tapi ya tikusnya itulah," kata Wapres.

"MUI itu kan sebenarnya merupakan lembaga representasi lebih dari 60 organisasi Islam yang bergabung di situ. Dan juga ada beberapa tokoh cendekiawan, tokoh-tokoh ulama yang juga bergabung. Artinya, MUI itu adalah organisasi yang berkumpulnya, selain representasi ormas dan pemimpin-pemimpin, yang begitu besarnya itu," katanya.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X