Ganjar Minta Warga Jateng Tak Mudik Meski PPKM Level 3 Saat Nataru Batal

- Rabu, 8 Desember 2021 | 18:46 WIB
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. (photo/jatengprov.go.id)
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. (photo/jatengprov.go.id)

Pemerintah  telah resmi memutuskan untuk seluruh wilayah Indonesia takkan diterapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 saat Natal dan Tahun Baru (Nataru). Meski begitu, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo meminta masyarakat untuk tidak mudik.

"Warga Jawa Tengah yang ada di luar Jawa Tengah, anda tinggal di situ saja nggak usah pulang. Rayakan Natal mungkin Tahun Baru di tempat itu, sehingga tidak terjadi pergeseran yang banyak. Warga yang sekarang ada di Jawa Tengah, di Jawa Tengah saja tidak usah pergi ke mana-mana," kata Ganjar di kantornya usai Rapat Koordinasi secara virtual tentang Kesiapan Penerapan PPKM Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, Percepatan Vaksinasi serta Belanja Daerah APBD dan Rakor Kemiskinan yang dipimpin Mendagri secara daring di kantornya, Semarang, Rabu (8/12/2021).

Ganjar meminta dukungan masyarakat agar Nataru berlangsung aman. Ia juga berharap Aparatur Sipil Negara (ASN) tidak mengambil cuti untuk liburan atau mudik.

"Untuk waktu tiga minggu kami butuh dukungan itu, sehingga kalau itu bisa dukung insyaallah kita akan bisa mengamankan. Ini cara kami inisiatif yang kita munculkan dari Jawa Tengah. Cuti ASN, nggak usah cutilah, cuti mau apa? Ya kan?" ucapnya.

Ganjar juga berpesan kepada pemerintah agar memperketat pintu masuk Indonesia. Hal ini untuk mencegah tersebarnya varian COVID Omicron.

"Saya dari daerah meminta pertama, pemerintah pusat untuk memastikan seluruh tamu dari luar negeri yang mau masuk ke Indonesia di pintu masuk itu ketat, itu permintaan kami," ujarnya.

Sementara itu, pihaknya juga melakukan langkah preventif dengan meneliti sampel kasus Corona menggunakan whole genome sequencing. Tak hanya itu, pihaknya juga terus menggenjot percepatan vaksinasi.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Motor Kepeleset, Dua Jambret Ditangkap di Monas

Senin, 18 Maret 2024 | 14:10 WIB
X