Secercah Harapan! KRI Rimau Deteksi Titik Magnet Kuat di Area Pencarian KRI Nanggala

- Jumat, 23 April 2021 | 11:50 WIB
KRI Nanggala 402 (ANTARA FOTO/Eric Ireng)
KRI Nanggala 402 (ANTARA FOTO/Eric Ireng)

Muncul secercah harapan dalam pencarian KRI Nanggala 402 yang hilang kontak di Perairan Bali. Kapuspen TNI Mayjen TNI Achmad Riad mengatakan KRI Rimau mendeteksi satu titik magnet kuat di area pencarian.

Saat ini, KRI Rimau terus mengejar dan akan menindaklanjuti temuan tersebut.

"Ada satu titik magnet yang cukup kuat, mudah-mudahan itu tidak berubah dan akan dikejar. Mudah-mudahan itu menjadi titik terang," kata Achmad Riad, Jumat (23/4/2021).

Sebelumnya, pada Kamis (22/4) KRI Rimau menemukan titik-titik magnet berkekuatan cukup tinggi pada kedalaman kurang lebih 50-100 meter dalam kondisi melayang.

Temuan dari KRI Rimau itu, rencananya akan turut ditindaklanjuti oleh KRI Rigel, yang kemungkinan akan tiba di lokasi pencarian pada Jumat siang atau sore

Saat ini, wilayah pencarian KRI Nanggala-402 masih terkonsentrasi di perairan utara Bali.

"Wilayahnya masih 65 mil dari perairan utara Bali," kata Achmad.

Selama pencarian, TNI telah mendapatkan beberapa petunjuk, misalnya tumpahan bahan bakar minyak, yang diduga berasal dari KRI Nanggala-402.

Riad mengatakan pihaknya akan berusaha memaksimalkan pencarian pada hari ini menggunakan seluruh kapal milik TNI yang memiliki kemampuan deteksi bawah laut menggunakan sonar.

Pasalnya, kemampuan oksigen di KRI Nanggala-402 diperkirakan hanya akan tersedia sampai 72 jam atau kurang lebih tiga hari dalam keadaan mati total (blackout).

Kapal itu telah hilang kontak pada pukul 03.00 WITA, sehingga oksigen kemungkinan tersedia sampai pukul 03.00 WITA, Sabtu.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X