Kasihan! Wanita 90 Tahun Ini Ditipu Sebesar Rp 465 Miliar dari Telepon

- Kamis, 22 April 2021 | 10:13 WIB
Ilustrasi uang (Pexels/Karolina Grabowska)
Ilustrasi uang (Pexels/Karolina Grabowska)

Seorang wanita berusia 90 tahun ditipu senilai Rp Rp 465 miliar saat ditelepon oleh orang yang menyamar menjadi petugas keamanan publik Tiongkok.

Wanita tua itu tinggal di lingkungan The Peak yang mewah di Hong Kong saat dihubungi oleh penipu tersebut.

Mereka memberi tahu pensiunan yang rentan bahwa identitasnya telah digunakan dalam kasus kriminal serius di China daratan dan dia perlu mentransfer uang dari rekening banknya ke rekening yang disimpan oleh tim investigasi untuk diamankan.

Laporan polisi mengklaim wanita itu kemudian dikunjungi di rumah mansionnya oleh seorang penipu dengan ponsel dan kartu SIM khusus untuk berkomunikasi dengan agen keamanan palsu.

Selama periode waktu tertentu, mereka membujuknya untuk melakukan total 11 transfer bank, dikutip dari South China Morning Post.

Dalam lima bulan, dia telah menyerahkan total Rp 465 miliar kepada para penipu, jumlah terbesar yang pernah dicatat oleh penipu telepon.

Polisi mengatakan penipuan hanya ditandai ketika pembantu rumah tangga wanita itu mengira sesuatu yang mencurigakan sedang terjadi dan menghubungi putrinya.

Seorang anak berusia 19 tahun ditangkap karena penipuan setelah penyelidikan dan telah dibebaskan dengan jaminan, kata polisi.

Hong Kong memiliki salah satu konsentrasi miliarder tertinggi di dunia.

Dengan banyaknya miliarder yang dikenal sebagai warga lanjut usia, mereka seringkali rentan terhadap penipu dan penipuan.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X