Jarang Terlihat Publik, Pendiri Alibaba Jack Ma Muncul Kembali di Hong Kong Minggu Lalu

- Rabu, 13 Oktober 2021 | 09:14 WIB
Pendiri dari Alibaba, Jack Ma (REUTERS/File Photo)
Pendiri dari Alibaba, Jack Ma (REUTERS/File Photo)

Pendiri Alibaba Group, Jack Ma, jarang terlihat di publik sejak larangan peraturan pada bisnisnya akhir tahun lalu. Tapi, dua sumber mengatakan bahwa Jack Ma terlihat berada di Hong Kong bertemu dengan rekan bisnisnya.

Sejak pidato Oktober tahun lalu di Shanghai yang mengkritik regulator keuangan China, Jack Ma mulai jarang terlihat. Hal ini juga telah memicu serangkaian peristiwa yang mengakibatkan batalnya IPO Ant Group miliknya.

Jarang tampil di depan umum, membuat banyak spekulasi beredar tentang keberadaan salah satu orang terkaya di dunia tersebut.

Dilansir Reuters, salah satu sumber mengatakan kunjungan Jack Ma di Hong Kong merupakan perjalanan pertamanya ke pusat keuangan Asia sejak Oktober tahun lalu.

Sumber yang tidak ingin diketahui identitasnya mengatakan Jack Ma yang pernah menjadi pengusaha terkenal di China bertemu dengan rekan bisnisnya di Hong Kong pada hari Minggu lalu.

Baca juga: 22 Perusahaan China Didenda UU Antimonopoli, Ada Perusahaan Jack Ma Hingga Tencent

Jack Ma yang tinggal di kota Hangzhou, China timur, tempat kerajaan bisnisnya bermarkas, memiliki setidaknya satu rumah mewah bekas koloni Inggris yang juga menampung beberapa operasi bisnis lepas pantai perusahaannya.

Jack Ma menghilang dari pandangan publik selama tiga bulan sebelum akhirnya muncul kembali pada Januari. Kemudian pada bulan Mei dia berkunjung ke kampus Hangzhou Alibaba untuk mengikuti acara 'Ali Day'.

Pada 1 September, foto-foto Jack Ma mengunjung beberapa rumah kaca pertanian di provinsi Zhejiang timur viral di media sosial.

Alibaba dan saingan teknologinya telah menjadi target tindakan keras regulasi yang luas terhadap berbagai masalah mulai dari perilaku monopolistik hingga hak-hak konsumen. Raksasa e-commerce itu didenda $ 2,75 miliar pada bulan April karena pelanggaran monopoli.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X