Terungkap Penyebab Bentrok di Yahukimo, Mabes Polri: Isu Liar Kematian Eks Bupati

- Senin, 4 Oktober 2021 | 20:06 WIB
Karo Penmas Div Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono. (Dok Div Humas Polri).
Karo Penmas Div Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono. (Dok Div Humas Polri).

Mabes Polri mengungkap penyebab terjadinya bentrokan antar suku di Kabupaten Yahukimo, Papua. Penyebabnya disinyalir adanya isu liar berkaitan dengan kematian eks Bupati Yahukimo Abock Busup.

"(Penyebab bentrokan) mungkin ada isu-isu yang tidak benar, meninggalnya karena sesuatu hal di luar kewajaran. Mungkin yang berkembang seperti itu di sana," kata Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol Rusdi Hartono kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta, Senin (4/10/2021).

Karena hal itu lah Mabes Polri disebut Rusdi meluruskan kabar yang beredar terkait kematian eks Bupati tersebut. Dia memastikan jika Abock tewas bukan karena kekerasan.

"Jadi meninggalnya dari pada korban ini diyakini bahwa merupakan suatu proses yang wajar," beber Rusdi.

Baca Juga: Wagub DKI Ancam Sanksi Pihak yang Sengaja Cemari Teluk Jakarta dengan Paracetamol

Mengenai kematian eks Bupati tersebut, Rusdi menyebut jajaranya masih melakukan pendalaman. Polda Metro Jaya dan Polda Papua disebutnya masih berkoordinasi terkait hal ini.

"Permasalahan sedang ditangani Polda Papua dengan berkoordinasi dengan Polda Metro Jaya," kata Rusdi.

Seperti diketahui, insiden ini terjadi pada Minggu, 3 Oktober 2021 siang kemarin, massa dari suku Kimyal mendatangi dan menyerang suku Yali. Massa melakukan penyerangan dengan senjata tajam, panah hingga melakukan aksi pembakaran bangunan.

Polisi sendiri menyebut penyerangan ini dikarenakan massa suku Kimyal mendengar kabar eks Bupati Yahukimo tutup usia. Beruntung aksi ini berhasil dibubarkan oleh aparat TNI dan Polri.

Akibat dari insiden ini, sebanyak enam orang tewas. Untuk korban luka-luka tercatat ada sebanyak 41 orang.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X