Bareskrim Mulai Usut Laporan Dugaan Rasisme Natalius Pigai

- Rabu, 6 Oktober 2021 | 19:23 WIB
Karo Penmas Div Humas Polri Brigjen Pol Rusdi Hartono. (Div Humas Polri)
Karo Penmas Div Humas Polri Brigjen Pol Rusdi Hartono. (Div Humas Polri)

Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri mengatakan sudah menerima laporan polisi terkait laporan kasus rasis yang dilakukan oleh eks Komisioner Komnas HAM Natalius Pigai. Terkini, Bareskrim mulai mengusut kasus tersebut.

Hal tersebut diungkapkan oleh Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol Rusdi Hartono. Brigjen Rusdi menyebut prinsipnya Polri menerima seluruh laporan atau aduan dari masyarakat termasuk kasus rasisme Pigai.

"Termasuk laporan terhadap saudara Natalius Pigai itu diterima," kata Rusdi kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (6/10/2021).

Rusdi menyebut pihaknya saat ini tengah mempelajari laporan tersebut. Penyidik disebutnya akan menindaklanjuti laporan tersebut.

"Tentunya akan diambil langkah-langkah oleh penyidik," beber Rusdi.

Lebih jauh Rusdi menyebut pihaknya akan memanggil sejumlah saksi untuk diperiksa terkait kasus. Pemeriksaan saksi bertujuan untuk membuktikan ada tidaknya unsur pidana dalam kasus ini.

Baca juga: Natalius Pigai Dituding Rasis, Tokoh Tionghoa Ini Pasang Badan: Dia Orang Paling Toleran!

"Untuk menilai apakah ada tindak pidana atau tidak, kalau ada tindak pidana tentunya akan dilanjutkan prosesnya, kalau memang tidak ada tindak pidana tidak akan dilanjutkan oleh penyidik," kata Rusdi.

Seperti diketahui, Natalius Pigai dilaporkan ke Bareskrim Polri oleh Barisan Relawan Nusantara (Baranusa) terkait kasus rasisme. Laporan tersebut merupakan buntut dari cuitan Pigai yang dinilai rasis terhadap Presiden Jokowi dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X