Sidang Etik Ferdy Sambo Turut Dihadiri Pihak Eksternal, Siapa?

- Kamis, 25 Agustus 2022 | 22:20 WIB
Sejumlah saksi dari sidang Komisi Kode Etik Polri (KKEP) atas mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo, Kamis (25/8/2022). (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)
Sejumlah saksi dari sidang Komisi Kode Etik Polri (KKEP) atas mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo, Kamis (25/8/2022). (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Pelaksanaan sidang etik Irjen Pol Ferdy Sambo tidak benar-benar dilakukan secara tertutup. Pasalnya, ada pihak selain Polri yang ikut dalam sidang tersebut.

Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo menyebut pihak eksternal yang hadir yakni Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas). Adapun pihak eksternal tersebut hanya 1 orang.

"Hanya dari Kompolnas (pihak eksternal yang hadir)," kata Irjen Dedi kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (25/8/2022).

Dedi menyebut pihaknya menggandeng pihak eksternal dengan tujuan menjaga transparansi dalam kegiatan sidang etik. Tujuan lainnya untuk memastikan Polri bekerja secara independen.

"Untuk menjaga transparansi kemudian tim agar bekerja secara independen dan akuntabel," kata Dedi.

Baca JugaAda Brimob di Sidang Etik Irjen Ferdy Sambo, Polri: Untuk Amankan Saksi

"Tim memberikan kesempatan kepada Kompolnas untuk menyaksikan jalannya sidang ini dan juga biar betul Kompolnas bisa menilai bagaimana jalannya sidang etik," sambungnya.

Selain itu, Dedi mengungkap jika hal ini merupakan instruksi dari Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

"Ini yang bisa kita lakukan sesuai dengan perintah Pak Kapolri," kata Dedi.

Polri hari ini, Kamis (25/8/2022) menggelar sidang etik terhadap mantan Kadiv Propam Polri, Irjen Pol Ferdy Sambo. Sidang etik ini sekaligus untuk menentukan status kepolisian dari Irjen Ferdy Sambo usai dirinya terjerat kasus pembunuhan Brigadir J.

Sidang etik ini berjalan sejak pagi tadi di Mabes Polri. Di lokasi sidang, tampak sejumlah personel Brimob berpakaian lengkap hingga membawa senjata berada di sekitar lokasi sidang.
 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X