Anies soal Polusi Udara di Jakarta: Ini Persoalan Serius, Wake Up Call Buat Kita

- Rabu, 22 Juni 2022 | 13:40 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan buka suara terkait kualitas udara yang mengintai ibu kota selama beberapa waktu belakangan ini. Menurutnya, hal itu menjadi masalah yang serius dan harus cepat ditangani bersama.

Hal tersebut disampaikan Anies usai memimpin upacara Hari Ulang Tahun (HUT) DKI Jakarta yang ke-495 di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat.

“Jadi saya melihat ini adalah sebuah persoalan serius, wake up call juga untuk kita semua bahwa ini persoalan serius dan kita kerjakan sama-sama,” ucapnya, Rabu (22/6/2022).

Baca juga: Terungkap! Astronot ke Ruang Angkasa dan Bulan Itu Rekayasa, Benarkah Demikian?

Ia pun berharap seluruh lapisan masyarakat mampu mengikuti kebijakan-kebijakan Pemprov DKI Jakarta untuk mengurangi polusi udara, salah satunya adalah dengan menggunakan transportasi umum guna mengurasi emisi karbon.

“Kami berharap, yok sama-sama manfaatkan transportasi umum dan berharap memantau sumber-sumber polusi di sekitar Jabodetabek yang memiliki dampak kualitas udara di Jakarta,” ungkapnya.

“Kedua adalah kewajiban untuk uji emisi. itu salah satu untuk mengurangi dampak kendaraan bermotor yang beroperasi di Jakarta,” tandas Anies.

Diketahui sebelumnya, data IQAir pada Senin (20/6/2022) pukul 06.00 WIB, kadar polusi Jakarta mencapai 205 US AQI yang masuk ke level sangat tidak sehat (very unhealthy).

Sementara itu, data Selasa pagi (21/6/2022), pukul 06.33 WIB, Jakarta masih berada di urutan tinggi dengan udara paling berpolusi dengan 154 US AQI, di bawah Beijing (176 US AQI) dan Kuwait (154 US AQI).

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X