Waspada! Potensi Tanah Longsor Terjadi di Jawa Barat, Puncaknya Desember

- Rabu, 23 November 2022 | 01:04 WIB
Sejumlah anggota Brimob Polri mencari korban tertimbun longsor akibat gempa magnitudo 5,6 di Cijendil, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. (ANTARA/Wahyu Putro A)
Sejumlah anggota Brimob Polri mencari korban tertimbun longsor akibat gempa magnitudo 5,6 di Cijendil, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. (ANTARA/Wahyu Putro A)

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan imbauan terkait bencana alam tanah longsor yang bisa saja terjadi pada bulan Desember 2022 mendatang di wilayah Jawa Barat. Sebab, pada bulan tersebut curah hujan khususnya di wilayah Jawa Barat meningkat.

"Saat ini kita memasuki musim hujan di Jawa Barat lagi puncaknya Desember. Kita sebentar lagi memasuki bulan Desember dan Jawa Barat relatif tidak memiliki musim kemarau, jadi hujan terus," kata Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati dalam konferensi pers, Selasa (22/11/2022).

BACA JUGA: Tanah Longsor di Bogor, Empat Warga Meninggal Dunia

BMKG kemudian mengimbau waspada adanya potensi bencana alam longsor di wilayah Jawa Barat.

"Jadi diwaspadai potensi bencana ikutan seperti longsor," beber Dwikorita.

-
Sejumlah petugas mencari korban tertimbun longsor akibat gempa magnitudo 5,6 di Cijendil, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. (ANTARA/Wahyu Putro A)

Lebih jauh Dwikorita mengungkap hal lain yang harus diwaspadai antara lain material pasca gempa yang bisa membentuk lembah sungai. Material ini disebutnya harus dibersihkan pasca gempa agar tidak berdampak kepada peristiwa banjir.

"Material-material lereng-lereng akibat gempa banyak titik longsor, matrial-material tersebut dapat membendung lembah sungai di lereng atas dan apabila hujan turun terus menerus akhirnya air yang membendung mendesak longsor tadi hingga menjadi banjir bandang," pungkas Dwikorita.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X