Angkut 4 WNA, Begini Kronologi Tergelincirnya Pesawat Hawker 900 di Bandara Morowali

- Jumat, 12 Mei 2023 | 09:17 WIB
Pesawat jenis Hawker PK-LRU 900 XP tergelincir saat melakukan pendaratan di Bandara Morowali, Sulawesi Tengah sekitar pukul 15:00 WITA pada Kamis (11/5/2023). (ANTARA/HO-Warga)
Pesawat jenis Hawker PK-LRU 900 XP tergelincir saat melakukan pendaratan di Bandara Morowali, Sulawesi Tengah sekitar pukul 15:00 WITA pada Kamis (11/5/2023). (ANTARA/HO-Warga)

Perusahaan Umum Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (Perum LPPNPI) atau AirNav Indonesia, membeberkan kronologi tergelincirnya pesawat di Bandara Morowali (MOH), Sulawesi Tengah (Sulteng) pada Kamis (11/5/2023).

Rosedi, selaku sekretaris AirNav menceritakan, telah terjadi kecelakaan pesawat milik PT Angkasa Super Services berjenis Hawker 900 XP dengan registrasi PK-LRU, pada pukul 14.59 WITA.

Baca juga: Aksi Heroik Warga Papua dan Aparat Bantu Tarik Pesawat SAM Air yang Tergelincir di Beoga

Pesawat tersebut kata Rosedi berangkat dari Bandara Halim Perdanakusuma (HLP) menuju Bandara Morowali (MOH), dan tergelincir keluar dari landasan saat tiba di MOH. Pesawat itu tergelincir sejauh 200 meter dari ujung landasan 05.

"Pesawat dengan rute Halim Perdanakusuma (HLP) menuju Bandara Morowali (MOH) tersebut mengalami kecelakaan pada saat mendarat di Bandara Morowali akibat tergelincir keluar dari landasan atau over runway," kata Rosedi melalui keterangan tertulisnya, Kamis (11/5/2023) malam.

Dia menceritakan, saat kejadian, petugas PKP-PK dan aviation security (Avsec) langsung ke lokasi untuk mengevakuasi kru dan penumpang pesawat.

"Hingga statement ini dikeluarkan Kamis (11/5) pukul 22.00 WIB, operasional penerbangan dan pelayanan navigasi penerbangan di Bandara Morowali masih ditutup sementara," sambung Rosedi.

Rosedi menambahkan, saat ini sedang dilakukan investigasi oleh pihak Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) atas kejadian tersebut.

-
Pesawat Hawker 900XP PK-LRU tergelincir saat landing di Bandar Udara Maleo, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah pada Kamis (11/5/2023) Pukul 15:10 WITA. (ANTARA/HO)

Seluruh Penumpang Selamat

Sebelumnya, Polda Sulteng menjelaskan jika seluruh awak dan penumpang pesawat selamat. Kabid Humas Polda Sulteng, Kombes (Pol) Djoko Wienartono mengungkapkan, adapun penumpang pesawat merupakan warga negara asing (WNA).

"Untuk penumpangnya sendiri warga negara asing (WNA) tetapi untuk asalnya dari mana, kami belum tahu. Namun, jelasnya WNA," ujar Djoko.

Baca juga: Akibat Gempa Taiwan, Kereta Tergelincir hingga Jembatan Runtuh

Djoko menjelaskan, pesawat yang tergelincir itu mengangkut empat orang awak pesawat dan empat orang penumpang WNA.

Keempatnya diketahui hendak ke perusahaan di Morowali Utara, yaitu PT Gunbuster Nickel Industri (PT GNI) yang merupakan perusahaan industri smelter nikel Indonesia di Sulteng.

Penumpang pesawat tersebut bernama Zhou Yuan, Teh Cha les, Wu Zhiqiang, dan Wu Xixiong. Sementara itu, awak pesawat yakni pilot bernama Kapt Sutisno, kopilot bernama Muh Faisal, pramugari bernama Aisyah, dan teknisi bernama Ahmad Riyadi.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X