Erick Thohir Ingin Koneksi Generasi Muda dengan Sejarah di Sarinah

- Rabu, 15 Juni 2022 | 14:30 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir dan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri saat meninjau Sarinah (Istimewa)
Menteri BUMN Erick Thohir dan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri saat meninjau Sarinah (Istimewa)

Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan, Kementerian BUMN ingin mengkoneksikan antara generasi muda dengan sejarah melalui pusat perbelanjaan Sarinah yang baru selesai direnovasi. Erick menyebut, Sarinah selain aset milik negara juga merupakan bangunan sejarah di tengah-tengah kota.

"Sebuah aset yang luar biasa di tengah kota kita ini sayang kalau kita tidak perbaiki kembali. Apalagi kalau kita lihat kan generasi muda kita ini sekarang mayoritas kadang tidak tersambung dengan sejarah," ujarnya di depan gedung Sarinah Jakarta, Senin (13/6/2022).

Erick mengatakan, pihaknya ingin merajut kembali generasi muda dengan daya tarik sejarah yang sesuai dengan dunia anak muda. Hal itu diterapkan melalui berbagai budaya, kultural, dan kehidupan sehari-hari.

"Kita selipkan bagaimana sejarah itu terjadi. Inilah kenapa relief tetap kita tonjolkan, produk-produk UMKM, makanan lokal dan lainnya, kerajinan UMKM dan lainnya," tuturnya.

-
Merajut kembali generasi muda dengan daya tarik sejarah Sarinah

Mengingatkan saja, relief yang ada di dalam Sarinah sempat membuat heboh. Usut punya usut, relief itu sudah dibangun sejak Sarinah berdiri, namun ditutup oleh pengelola sebelumnya hingga Sarinah kembali direnovasi di era Menteri BUMN Erick Thohir.

Wajah baru Sarinah menyajikan berbagai fasilitas yang disukai anak muda, seperti taman terbuka, atraksi musik, serta berbagai pameran di dalam gedung.

"Tapi memang mesti disesuaikan dengan selera generasi muda, termasuk taman terbuka ini. Apalagi sekarang juga diberikan atraksi musik atau kemarin atraksi budaya di dalam ada pameran kegiatan alat tenun dan kebudayaan lainnya. Ini kita Coba," ungkap Erick.

Mengkoneksikan generasi muda dengan sejarah nasional, Erick menambahkan, juga diterapkan fasilitas umum lainnya, seperti di Bandara Internasional Bali dan Jakarta. Disana terdapat berbagai festival budaya Tanah Air.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X