Ada 65 Kejahatan Dilakukan KKB Pimpinan Egianus Kogoya dalam 5 Tahun Terakhir

- Selasa, 14 Februari 2023 | 16:26 WIB
Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya. (Dok Polda Papua)
Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya. (Dok Polda Papua)

Polda Papua membeberkan catatan terkait aksi kejahatan yang dilakukan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya di Papua. Dalam kurun waktu lima tahun terakhir tercatat ada sebanyak 65 kasus kejahatan yang sudah dilakukan KKB.

"Kejahatan yang dilakukan tersebut diketahui terdiri dari 31 aksi penembakan, 16 aksi kontak tembak, delapan aksi penyerangan, tiga aksi pembantaian dan dua aksi pembakaran," kata Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ignatius Benny dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Selasa (14/2/2023).

Baca Juga: Kronologi Lengkap Pesawat Susi Air Dibakar KKB

KKB pimpinan Egianus Kogoya disebutnya juga pernah melakukan satu kali aksi pembunuhan, satu aksi pemerkosaan, satu penganiayaan, satu pengancaman hingga kasus terakhir yakni satu kasus penyanderaan pilot.

Dari kelompok ini, Polda Papua sudah menerbitkan 16 daftar pencarian orang atau DPO terhadap jaringan ini. Para DPO ini pun masih diburu oleh polisi.

Baca Juga: Mengerikan! KKB Tembak Warga di Intan Jaya Papua, Polisi Langsung Turun Tangan

Terpisah, Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri meminta KKB pimpinan Egianus Kogoya untuk berhenti menebar teror. Polda Papua ditegaskannya tidak akan memberi ruang kepada KKB di tanah Papua

"Saya selaku Kapolda Papua menegaskan bahwa saya tidak akan memberikan ruang kepada pelaku Kriminal Bersenjata yang kerap mengganggu proses pembangunan di tanah Papua," pungkasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X