Rusuh di Manokwari, Mendagri: Tata Kelola Pemerintahan Tetap Berjalan

- Senin, 19 Agustus 2019 | 14:09 WIB
Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo. (Antara/Dea N)
Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo. (Antara/Dea N)

Pelayanan untuk masyarakat di Manokwari tetap berjalan meski terjadi kerusuhan di Manokwari, Papua Barat.

"Kami sudah kontak dengan pemda. Melayani masyarakat tidak boleh berhenti. Saya kira jalan. Jadi seluruh aparatur provinsi, kota maupun kabupaten jalan, sampai tingkat kecamatan, sampai distrik jalan. Tidak ada masalah," kata Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo, di Kantor Kemendagri, Jakarta, Senin (19/8/2019).

Pihaknya juga telah mengingatkan aparatur sipil negara (ASN) di Papua Barat tidak ikut melakukan demonstrasi agar pelayanan kepada masyarakat tidak terhenti.

Kericuhan terjadi di pusat kota sehingga tidak menganggu aktivitas masyarakat secara umum.

"Kami memastikan tata kelola pemerintahan tetap jalan. Kami monitor langsung dengan Kesbangpol setempat. Jangan sampai ada yang tidak melayani masyarakat," katanya.

Ia meminta kepada masyarakat yang berada di Papua dan Papua Barat untuk tidak mudah terhasut serta terprovokasi kabar bohong atau hoaks.

Diberitakan sebelumnya, massa memblokade sejumlah jalan utama di Manokwari, Papua Barat, dengan membakar ban sehingga membuat arus transportasi di daerah itu lumpuh.

Aksi tersebut terjadi sebagai bentuk protes massa terkait dugaan tindakan persekusi dan rasisme yang dilakukan organisasi masyarakat dan oknum aparat terhadap sejumlah mahasiswa asal Papua di Malang dan Surabaya, Jawa Timur serta Semarang Jawa Tengah beberapa hari lalu.

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X