Dinkes Kepri Imbau Warga Agar Bijak Sebar Informasi Soal Virus Korona

- Selasa, 28 Januari 2020 | 22:59 WIB
Kepala Dinas Kesehatan Kepri Tjetjep Yudiana. (Photo/ANTARA/Nikolas Panama)
Kepala Dinas Kesehatan Kepri Tjetjep Yudiana. (Photo/ANTARA/Nikolas Panama)

Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau mengimbau warga untuk cermat dan bijak dalam menyebarluaskan informasi terkait virus korona yang sedang menjadi perbincangan seluruh negara. Pasalnya, kesalahan informasi dapat membuat masyarakat akan menjadi lebih resah.

Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kepri, Tjetjep Yudiana di Tanjung Pinang, pada Selasa (28/1/2020).

"Termasuk staf tenaga kesehatan di seluruh rumah sakit dan pintu masuk untuk berhati-hati menyebarkan informasi mengenai virus corona dari Wuhan China yang lebih dikenal dengan nama 2019-nCoV," katanya.

Tjetjep juga mencontohkan seseorang yang terindikasi mengidap virus corona dirawat di UGD di salah satu rumah sakit. Kemudian oknum tenaga medis mengunggahnya di media sosial, dengan kalimat "ada pasien 2019-nCov".

"Ini menjadi isu nasional. Padahal setelah diperiksa hanya sakit infeksi pernapasan akut saja. Bukan positif virus," ujarnya.

Akibat dari informasi yang tidak benar itu, membuat heboh nasional. Pada kenyataannya, sampai hari ini Indonesia belum menjadi negara terjangkit.

Ia juga mengharapkan adanya sosialisasi tentang penanganan 2019-nCoV oleh seluruh tenaga kesehatan dan pegawai terkait sehingga dapat meningkatkan kesiapsiagaan di seluruh Kepri.

"Kami berharap dapat meningkatkan kemampuan cegah tangkal tenaga kesehatan di seluruh Kepri," ujarnya.

Terkait penanganan sosialisasi ini, Tjetjep menegaskan Kepri mewaspadai virus berbahaya tersebut. Seluruh pintu keluar masuk di Kepri dilakukan pemeriksaan suhu badan penumpang.

"Pelayanan di rumah sakit juga lebih intensif, dan disiapkan ruangan isolasi," katanya.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X