Pengelola Sinka Zoo Klarifikasi Soal Beruang Madu Yang Viral

- Minggu, 16 Juni 2019 | 10:56 WIB
photo/Screenshot/Twiitter/@adhetya_kidiw
photo/Screenshot/Twiitter/@adhetya_kidiw

Pihak pengelola Sinka Zoo, Tanjung Bajau Singkawang akhirnya memberikan keterangan soal kondisi beruang madu yang kurus dan beberapa waktu lalu sempat viral di media sosial dengan menyatakan bahwa satwa tersebut dalam kondisi sehat.

"Sebenarnya beruang madu tersebut sudah kita karantina dan itu berkat permintaan dari Balai Konservasi Wilayah III Singkawang," kata salah satu tim kesehatan Sinka Zoo Singkawang, Ruby Hadi Saputra, memberikan klarifikasi kepada wartawan di lokasi di Singkawang, Sabtu.

Dia mengatakan bahwa kalau dilihat secara fisik, beruang madu yang sempat viral di medsos tersebut terlihat segar, pola makan juga tak ada perubahan, sedangkan segi kotoran juga tidak ada perubahan alias normal.

"Bentuknya masih normal, tidak ditemukan diare atau cairan dan sebagainya," ujarnya.

Maka dari itu, pihak Sinka Zoo Singkawang pun memberikan kesimpulan bahwa beruang madu tersebut sehat.

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa beruang madu yang kurus itu didapatkan dari kebun binatang Pontianak.

"Berdasarkan data, dia (beruang madu) dibawa ke Sinka Zoo sejak 12 Maret 2008 silam, sedangkan perpindahannya dari Pontianak ke Singkawang kita tidak tahu berapa umurnya," katanya.

-
photo/Dok Hi!Pontianak

 

Ia pun juga mengatakan bahwa secara fisik, yang dari Pontianak sudah terlihat tidak gendut. Meskipun gendut atau kurus bukan menjadi suatu indikasi kesehatan. Bahkan, gendut pun juga bisa jadi dikategorikan tidak sehat.

Diketahui juga bahwa beruang madu yang kurus dan sempat viral di medsos itu diketahui jika saat ini sudah berusia 11 tahun.

"Artinya beruang madu ini sudah sangat tua, ditandai dengan giginya yang sudah banyak lepas. Meski demikian, kulitnya kelihatan sangat cerah dan tidak ada indikasi cacingan dan sebagainya," katanya.

Kemudian, secara keseluruhan, menurut konfirmasi dari dokter-dokter di Sinka Zoo Singkawang, bahwa kondisi beruang madu tersebut sehat.

"Kesimpulannya bahwa kondisi beruang madu tersebut tidak dalam masalah bahkan ada prestasi baru bahwa hewan satwa di Sinka Zoo ada melahirkan tiga ekor harimau. Ini merupakan prestasi yang harus dibanggakan bahwa pihak pengelola atau managemen betul-betul melakukan penanganan hewan-hewan yang ada di Sinka Zoo," ujarnya.

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X