Terima 2 Nama Cawagub DKI, Anies: Segera Diproses

- Selasa, 21 Januari 2020 | 11:49 WIB
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memberikan keterangan dalam konferensi pers di Balai Kota, Jakarta, Selasa (21/2/2020) (INDOZONE/Murti)
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memberikan keterangan dalam konferensi pers di Balai Kota, Jakarta, Selasa (21/2/2020) (INDOZONE/Murti)

Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) hari ini, Selasa (21/2/2020) menyerahkan surat rekomendasi partai yang berisi dua nama Calon Wakil Gubernur (Cawagub) DKI Jakarta kepada Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di Balai Kota.

Usai menerima dan bertemu, Anies mengatakan akan segera memmproses unsulan tersebut dan meneruskannya kepada DPRD DKI Jakarta. 

"Suratnya diterima hari ini, maka Insya Allah akan diproses. Kemudian diantarakan langsung ke Dewan agar Dewan bisa bekerja," kata Anies dalam konferensi pers di Balaikota.

Dia mengungkapkan, surat yang diterima akan segera diserahkan kepada DPRD DKI Jakarta. Namun, ia tidak bisa memastikan kapan proses tersebut bisa selesai hingga akhirnya ditentukan siapa yang akan menjadi Cawagub DKI

"(Target) itu di dewan. Jadi prosesnya kan memang dua partai itu mengusulkan pada Gubernur lalu Gubernur meneruskan usulan partai pengusung pada Dewan. Lalu Dewan perwakilan rakyat memproses, lalu lakukan proses pemilihan," ujarnya. 

Ia menjelaskan, berkaca pada tahun-tahun sebelumnya, setelah surat rekomendasi nama Cawagub diserahkan partai pengusung maka segera diteruskan. Misalnya, tahun lalu ia menerima surat per 22 Februari maka di hari yang sama akan disampaikan.

"Hari itu juga kami teruskan kepada Dewan sehingga Dewan langsung terima tanpa jeda. Dan ini pun sama, kita akan proses dan selebihnya ada pada kewenangan di DPRD untuk proses," imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta, M Taufik dan Wakil Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta Syarif mendatangi gedung Balai Kota DKI Jakarta, hari ini.

Mereka akan bertemu Anies untuk menyerahkan dua nama calon wakil gubernur yang telah disepakati dengan PKS. 

Dia pejabat teras partai itu, ditemani oleh Ketua Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta, Arifin dan Sekretaris Fraksi PKS Ahmad Yani. 

Sebelumnya, dua nama yang dipilih masing-masing dari Gerindra yaitu Ahmad Riza Patria dan dari PKS Nurmansyah Lubis. 

"Ini mau menyerahkan dua nama cawagub yang telah disepakati ke Pak Anies," kata Taufik di Balai Kota. 

Artikel Menarik Lainnya

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X