Viral Foto Pohon Ditebang di Cikini, Pemprov DKI: Foto Lama

- Senin, 4 November 2019 | 13:43 WIB
Foto pohon-pohon yang ditebang di sepanjang jalan Cikini Raya (Twitter/@galeshka).
Foto pohon-pohon yang ditebang di sepanjang jalan Cikini Raya (Twitter/@galeshka).

Kepala Dinas Bina Marga, Hari Nugroho, menanggapi foto sejumlah pohon besar ditebang di sepanjangan Jalan Cikini Raya, Jakarta Pusat. Penebangan itu diketahuit terkait proyek perluasan trotoar yang digagas Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. 

Nugroho menjelaskan pihaknya tidak asal melakukan penebangan. Sejumlah pohon yang dipangkas itu pun sudah mengantongi izin dari Dinas Kehutaan DKI Jakarta.

"Kami itu kalau mau tebang pohon harus seizin Dinas Kehutanan. Pohon mana yang ditebang itu rekomendasi dari dia. Pohon yang ditebang itu karena sudah tua," kata Hari ketika dihubungi, Senin (4/11).

Nugroho mengklaim foto yang beredar bukanlah situasi terkini di Cikini Raya. Dia mengeluhkan sikap masyarakat yang menyebarkan foto itu ketika Pemprov DKI tengah sibuk, dengan penyusunan Kebijakan Umum Anggaran dan Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUA-PPAS) APBD DKI Jakarta 2020.

"Jadi kami tanam pohon baru lagi. Biasalah viral itu. Foto lama. Aduh kami juga lagi pusing kejar target (bahas anggaran), ada lagi orang nyebar foto-foto begitu," pungkas Nugroho.

Di sisi lain, Kepala Dinas Kehutanan DKI Jakarta, Suzi Marsitawati, menjelaskan jenis pohon yang ditebang itu adalah angsana dan beringin. Suzi menegaskan ada revitalisasi pohon di area Cikini, dengan pohon pelindung jenis lain yang menyerap polutan.

Suzi merinci pohon yang bakal ditanam memiliki tinggi kurang dari 10 meter. Akarnya pun tidak merusak konstruksi trotoar.

"Sebagai buffer atau pengaman, bagian bawah pohon juga ditanami dengan tanaman semak berbunga yang fungsinya untuk menyerap polutan seperti soka, bougenvil," tutur Suzi.

Sebelumnya, beredar sebuah foto pohon-pohon yang telah ditebang di sepanjang Jalan Cikini Raya di Twitter. Gambar itu diunggah oleh akun Galesh. 

Galesh melalui kolom komentar, mengeluhkan sikap Pemprov DKI yang menebang beberapa pohon itu karena sudah berusia sangat tua. 

"Dogol bener pohon ditebangin. Itu ga cukup 20 tahun sampe sebesar itu," tulis Galesh di kolom komentar unggahannya. 

Unggahan Galesh pun viral. Foto itu telah mendapat lebih dari 1.200 retweets dan 1.300 likes saat ini. (NS)

Artikel Menarik Lainnya

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X