Musim Hujan, Jakarta Barat Antisipasi Banjir di 5 Wilayah Ini

- Kamis, 7 November 2019 | 08:49 WIB
Ilustrasi. (Antara/Fakhri Hermansyah)
Ilustrasi. (Antara/Fakhri Hermansyah)

Pemerintah Kota Jakarta Barat bersama jajarannya mengantisipasi banjir di lima kelurahan saat musim hujan. Lima kelurahan tersebut yakni Kelurahan Rawa Buaya, Tegal Alur, Kedoya Selatan, Kedoya Utara dan Kembangan Utara.

"Daerah di sana ada kali yang belum ditanggul seperti Kali Angke dan Kali Pesanggrahan, karena masalah pembebasan lahan," ujar Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Purwanti, Kamis (7/11).

Purwanti menegaskan, pembebasan lahan pinggir kali merupakan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) Dinas SDA dan pemerintah pusat.

Pihaknya sudah mengantisipasi genangan di wilayah tersebut. Antara lain memantau tinggi muka air di hulu melalui laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk tindakan antisipasi genangan.

Selain itu, pihaknya juga melakukan pembersihan saluran air, pengerukan kali, pembangunan pintu air dan perawatan pompa air.

Purwanti juga menjelaskan, telah melakukan pembangunan pintu air di kolong tol Kali Angke. Hal tersebut untuk mencegah air masuk ke saluran penghubung Bojong.

Dan juga telah melakukan pembangunan pintu air yang sejajar rel Rawa Buaya, untuk mencegah air masuk dari Kali Mookervart ke Kali Semanan jika permukaan air Kali Mookervart meninggi.

"Kita meningkatkan pompa waduk Bojong menjadi 3x500 liter per detik dari 6x60 liter per detik," jelasnya.

Selain itu, posko banjir juga telah didirikan di setiap kelurahan dan kecamatan di Jakarta Barat.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X