Tumpukan Sampah 1 KM di Kali Bahagia yang Bikin Tidak Bahagia

- Rabu, 31 Juli 2019 | 11:29 WIB
ANTARA FOTO/Risky Andrianto
ANTARA FOTO/Risky Andrianto

Sampah sepanjang satu kilo meter terlihat memenuhi permukaan air di Kali Bahagia, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi,  Provinsi Jawa Barat, pada Minggu (28/7).

Tumpukan sampah ini sampah domestik seperti plastik dan styrofoam. Saking banyak dan penuhnya sampah di situ, aliran air tidak terlihat lagi dan berganti dengan sampah.

Salah seorang warga yang tinggal dekat lokasi tumpukan sampah Kali Bahagia, Ghozali (55) mengatakan sampah-sampah ini awalnya datang dari hulu sungai dan menumpuk. "Ada sekitar satu kilo tumpukannya, kemarin-kemarin enggak begini, dan baru sebulan terakhir aja," kata Ghozali.

Menurut Ghozali, Kali Bahagia hulunya berada di pasar Marakas. Dia menduga banyak orang yang berjualan di sana membuang sampah di kali. "saya yang tinggal dekat kali enggak mau menyalahkan siapa-siapa biar kesadaran sendiri aja," katanya.

Kali Bahagia ini juga melintasi daerah seperti Kelurahan Bahagia dan Desa Babelan Kota di Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi, Kelurahan Kaliabang Tengah di Kecamatan Bekasi Utara Kota Bekasi, serta hilirnya berada di Desa Setia Asih di Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi.

Namun, pada Selasa (30/7), warga dan TNI-Polri telah bahu membahu membersihkan kali tersebut. Truk milik Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi juga disiagakan untuk mengangkut sampah dari sungai.

Namun, upaya pembersihan sedikit terganggu karena adanya bangunan liar. Kepolisian menyatakan tinggal menunggu perintah Pemkab Bekasi saja untuk melakukan penggusuran. Sampah yang berhasil terangkut sekitar 3-4 ton dalam kondisi basah, padahal sampah di sungai ini diperkirakan ada 400 ton.

Karena itu, pada hari Kamis (1/8), Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi akan mengerakan ratusan petugas untuk ikut membersihkan sampah. Diperkirakan sampah yang bisa terangkut mencapai 50 ton. Rencana ini masih berupa jangka pendek karena alat berat susah masuk gara-gara hunian liar.

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

X