Awas, Hand Sanitizer Bisa Sebabkan Kebakaran

- Senin, 23 Maret 2020 | 17:54 WIB
Percobaan
Percobaan

Hand Sanitizer saat ini menjadi barang yang paling sering digunakan sejak merebaknya virus corona. Hand sanitizer memiliki kandungan alkohol yang mampu membunuh bakteri hingga virus.

Meskipun membantu mencegah virus, namun pemakaian hand sanizer harus dilakukan dengan hati-hati. Sebab, kandungannya sangat berbahaya jika terkena api.

Hal tersebut telah terbukti dalam sebuah video yang beredar di medsos. Dalam video, pria tersebut melakukan uji coba dengan menggunakan hand sanitizer yang kandungan alkoholnya 40%.

Dia kemudian mengoleskan hand sanitizer ke sebuah lidi. Setelah itu, ia mencoba mendekatkan lidi tersebut dengan api menyala, hasilnya, lidi itu langsung terbakar hanya dalam waktu singkat saja. Pria itu kemudian mengungkapkan betapa bahayanya hand santizer dengan kandungan 40% alkohol.

"Karena di dalam hand sanitizer ini ada alkohol kandungan 70%, sedangkan 40% saja dinyalakan sudah menyala, apalagi 70%," kata pria dalam vido tersebut.

Dia berpesan agar pemakai hand sanitizer berhati-hati. Jauhi sumber api sebelum tangan benar-benar kering dari had sanitizer.

"Jadi hati-hati ya, habis membilas tangan (menggunakan hand sanitizer) jangan nyalakan rokok, atau menyalakan kompor, intinya jangan dekat-dekat sumber api sebelum tangan kita kering betul," lanjut pria tersebut.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X