Presiden Batalkan Ujian Nasional, Mendikbud Ungkap Alasannya karena Ini

- Selasa, 24 Maret 2020 | 13:16 WIB
Mendikbud Nadiem Makarim (ANTARA/Rivan Awal Lingga)
Mendikbud Nadiem Makarim (ANTARA/Rivan Awal Lingga)

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengatakan, pihaknya memutuskan untuk meniadakan Ujian Nasional 2020. Hal itu diputuskan setelah melakukan rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo dan instansi terkait.

"Setelah kami pertimbangkan dan diskusi dengan presiden dan instansi di luar, kami putuskan membatalkan ujian nasional 2020," ujar Nadiem dalam video conference, Selasa (24/3/2020)

Nadiem mengatakan, alasan pemerintah meniadakan Ujian Nasional yang utama adalah keamanan dan kesehatan siswa. Sebab, jika Ujian Nasional tetap diadakan maka risiko kesehatan terhadap siswa dan keluarga serta kakek nenek cukup tinggi. 

"Karena jumlah sangat besar 8 juta yang tadinya dites UN, tidak ada yang lebih penting dari pada keamanan dan kesehatan siswa dan keluarga sehingga Ujian Nasional dibatalkan untuk 2020," tutur Nadiem.

Selain itu, sambung dia, Ujian Nasional bukan untuk syarat kelulusan atau syarat seleksi masuk jenjang pendidikan tinggi. Oleh karenanya, lebih banyak risiko jika tetap melanjutkan Ujian Nasional.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X