RS Swasta Tolak Tangani Pasien Corona, DPR: Jokowi Beri Sanksi Dong!

- Kamis, 19 Maret 2020 | 12:47 WIB
Ilustrasi pasien Corona (REUTERS)
Ilustrasi pasien Corona (REUTERS)

Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi PAN, Saleh Partaonan Daulay menyatakan rumah sakit swasta harus berpartisipasi tangani virus corona.

Pemerintah, sambungnya, harus memberikan instruksi tegas kepada semua rumah sakit untuk menangani virus corona karena telah masuk kategori bencana non-alam di Indonesia.

"Ini masalah nasional. Perlu keterlibatan semua pihak. Termasuk rumah-rumah sakit swasta," ucapnya kepada Indozone, Kamis, (19/3/2020).

Dia juga mengatakan mendapat informasi bahwa ada rumah sakit swasta yang menolak. Rumah sakit tersebut tidak mau ambil resiko kalau rumah sakitnya nanti dianggap tempat isolasi pasien positif corona.

"Pertimbangannya murni bisnis. Rumah-rumah sakit seperti itu perlu diberi peringatan keras. Jika ada bukti menelantarkan dan menolak pasien positif corona, harus diberi sanksi. Sebab, pelayanan kesehatan masyarakat oleh rumah sakit mestinya tidak didasarkan pada jenis penyakitnya. Semua harus dilayani dan ditangani," jelasnya.

Menurutnya, beda hal jika rumah sakit tersebut tidak memiliki kualifikasi dan peralatan untuk menangani virus corona. Pihak rumah sakit bisa memberi penjelasan.

"Dengan begitu, tidak ada kesimpangsiuran informasi di masyarakat. Saya mengapresiasi rumah-rumah sakit swasta yang bersedia menangani pasien positif corona. Itu menandakan bahwa rumah sakit tersebut bekerja untuk kemanusiaan. Kita perlu mendukung dan memberikan penghargaan," jelasnya.

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X