Begini Kondisi Paru-paru Pasien yang Positif Corona
Ilustrasi paru-paru terinfeksi virus corona (Pixabay)
News

Begini Kondisi Paru-paru Pasien yang Positif Corona

Minggu, 29 Maret 2020 21:14 WIB 29 Maret 2020, 21:14 WIB

INDOZONE.ID - Seorang ahli bedah di George Washington University Hospital yang bernama Dokter Keith Mortman, merilis video yang memperlihatkan bagaimana kondisi paru-paru pasien yang terinfeksi virus corona atau Covid-19.

Video tiga dimensi tersebut memperlihatkan kerusakan luas pada paru-paru seorang pasien berusia 59 tahun. Paru-parunya awalnya sehat, meski ada tekanan darah tinggi.

Namun, karena terinfeksi oleh corona, maka pasien memerlukan ventilator untuk bernapas. Itu juga masih belum cukup. Dia masih membutuhkan alat lain untuk memasok oksigen ke darahnya.

Ilustrasi paru-paru pasien terinfeksi virus corona
Ilustrasi paru-paru pasien terinfeksi virus corona (Pixabay)

"Ini bukan pasien diabetes berusia 70 tahun yang tertekan imunosupresan. Selain tekanan darah tinggi, dia tidak memiliki masalah medis yang signifikan." kata Mortman.

Dokter Mortman berteori bahwa saat paru-paru menemukan adanya infeksi virus, maka organ akan mulai menutup virus. Berdasarkan hasil pemindaian, kerusakan paru-paru tidak hanya ada di satu area, tapi menyebar pada kedua paru-paru.

Hal ini menunjukkan betapa cepat dan agresif virus corona menyerang paru-paru, bahkan pada pasien yang masih muda.

"Untuk pasien-pasien ini yang pada dasarnya hadir dalam kegagalan pernapasan progresif, kerusakan pada paru-paru cepat dan meluas (sebagaimana dibuktikan dalam video VR)," kata Mortman.

Jika paru-paru sudah rusak pada tingkatan tersebut, maka butuh waktu lama untuk pulih.

"Sayangnya, begitu rusak pada tingkat ini, paru-paru dapat membutuhkan waktu lama untuk sembuh. Untuk sekitar 2-4% (tergantung pada angka yang Anda yakini) dari pasien dengan Covid-19, kerusakannya tidak dapat dipulihkan dan mereka akan menyerah pada penyakit."

Teknologi CT Scan sekarang telah digunakan di rumah sakit untuk menyelamatkan pasien positif virus corona, secara lebih optimal.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Zega

Zega

Editor
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU