China Yakin Indonesia Mampu Atasi Wabah Virus Corona

- Jumat, 3 April 2020 | 10:29 WIB
Presiden Tiongkok Xi Jinping. (Xinhua/Pang Xinglei)
Presiden Tiongkok Xi Jinping. (Xinhua/Pang Xinglei)

Presiden China Xi Jinping melakukan percakapan melalui telepon dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kamis (2/4/2020). Dalam kesempatan itu, Xi Jinping menyatakan pemerintahannya siap memberikan dukungan dan bantuan kepada Indonesia untuk mengatasi epidemi COVID-19.

Seperti dilansir ANTARA, Xi juga menyampaikan keprihatinannya mengenai penyebaran virus yang makin meluas ke berbagai negara dan kawasan, termasuk Indonesia. Atas nama pemerintah dan rakyat China, pihaknya menyampaikan rasa simpati kepada masyarakat Indonesia.

China telah mengidentifikasi kesulitan-kesulitan yang dialami Indonesia dan bersedia menawarkan bantuan, karena masyarakat China telah keluar dari masa-masa paling kritis. Xi sangat yakin Indonesia bisa memenangi pertempuran melawan wabah mematikan tersebut.

"Kami percaya dan yakin dengan kegigihan Anda, Indonesia pasti akan mengalahkan wabah Covid-19," kata Presiden Xi Jinping seperti dilansir ANTARA.

-
Ilustrasi Pekerja dengan pakaian pelindung. (REUTERS)

Menurut Sekretaris Jenderal Partai Komunis China (CPC) itu, dalam menghadapi pandemi tersebut, China dan Indonesia telah saling memberikan dukungan sebagai bentuk persahabatan yang mendalam dengan berbagi suka dan duka serta saling membantu antara satu dengan yang lainnya.

Dengan memperhatikan peringatan 70 tahun hubungan diplomatik China-Indonesia, Xi menyampaikan keinginan China untuk melanjutkan kerja sama yang mendalam dengan Indonesia dalam membangun Sabuk Jalan (Belt and Road) dan meningkatkan jalinan kemitraan strategis kedua negara.

Sementara itu, Jokowi mengatakan bahwa di bawah kepemimpinan Xi, masyarakat China telah melewati pencapaian penting dalam memerangi wabah tersebut sehingga dunia dapat belajar darinya.

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga menyampaikan terima kasih atas bantuan dan dukungan China kepada Indonesia dalam mengatasi wabah tersebut.

Bantuan China sangat penting bagi Indonesia, demikian pernyataan Jokowi yang beredar di sejumlah media resmi China, Jumat (3/4/2020).

Menurut Jokowi, virus tidak mengenal batas negara dan telah menjadi musuh bersama umat manusia sehingga pihaknya menekankan bahwa Indonesia sangat menentang stigmatisasi dan siap bekerja sama dengan China guna memperkuat solidaritas dan kerja sama internasional.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X