Muncul Virus Corona Varian Amazon yang Disebut Tiga Kali Lebih Menular

- Jumat, 12 Februari 2021 | 10:23 WIB
Petugas kesehatan dan polisi militer lingkungan meninggalkan Cagar Pembangunan Berkelanjutan Tupe setelah memberikan vaksin AstraZeneca di wilahyah Amazon, Brasil (9/2/2021).  (REUTERS/Bruno Kelly)
Petugas kesehatan dan polisi militer lingkungan meninggalkan Cagar Pembangunan Berkelanjutan Tupe setelah memberikan vaksin AstraZeneca di wilahyah Amazon, Brasil (9/2/2021). (REUTERS/Bruno Kelly)

Varian virus corona yang teridentifikasi di wilayah Amazon Brazil kemungkinan tiga kali lipat lebih menular namun analisis awal menunjukkan bahwa vaksin yang ada saat ini masih efektif melawannya, kata Menteri Kesehatan Eduardo Pazuello, melansir Reuters, Jumat (12/2/2021).

Pazuello berupaya meyakinkan bahwa lonjakan kasus dalam beberapa bulan belakangan memang tidak terduga namun masih di dalam kendali.

Ia, dalam rapat Senat, juga menyampaikan bahwa Brazil akan melakukan vaksin setengah dari populasi yang memenuhi syarat per Juni tahun ini dan sisanya per akhir tahun.

Brazil memulai vaksinasi dengan vaksin Covid-19 Sinovac asal Tiongkok dan AstraZeneca asal Inggris sejak tiga pekan lalu. Pazuello tidak menjelaskan lebih lanjut mengenai bagaimana efektivitas keduanya melawan Covid-19 varian Amazon.

"Puji Tuhan, kami menerima berita dari analisis bahwa vaksin-vaksin tersebut masih mempunyai efek terhadap varian ini. Namun (varian) ini lebih menular. Menurut analisis kami, tiga kali lebih menular," kata Pazuello.

Kementerian Kesehatan, yang belum merilis informasi mengenai hasil analisis, belum memberikan komentarnya hingga berita ini diturunkan.

Institut Butantan di Sai Paulo, yang bermitra dengan Sinovac untuk pengujian dan produksi vaksin, menyebut dalam penyataan bahwa pihaknya telah memulai kajian tentang varian Manaus Amazon, namun belum dapat mempunyai kesimpulan hingga dua pekan mendatang.

Sementara pusat biomedis Fiocruz di Rio de Janeiro, yang bermitra dengan AstraZeneca, menyatakan bahwa pihaknya tengah mempelajari efikasi vaksin yang dikembangkan Universitas Oxford itu terhadap varian Amazon, dengan telah mengirimkan sampel ke Oxford dan kini menunggu hasilnya.


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X