7 Jam Diperiksa Bareskrim, Ridwan Kamil Minta Maaf soal Kerumunan di Bogor

- Jumat, 20 November 2020 | 19:04 WIB
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil di Bareskrim Polri, Jakarta. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil di Bareskrim Polri, Jakarta. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) sudah selesai diperiksa oleh Bareskrim Polri selama tujuh jam lamanya terkait kerumunan acara Habib Rizieq Shihab (HRS) di Bogor. Usai diperiksa polisi, RK meminta maaf secara terbuka terkait adanya acara itu.

"Dalam kesempatan ini saya sehat walafiat. Tadi selama kurang lebih tujuh jam dari jam 10-an, sebagai warga negara yang sangat taat pada aturan hukum datang karena dimintai keterangan-keterangan dalam kapasitas sebagai ketua komite penanggulangan Covid juga Gubernur Jabar perihal kejadian kerumunan di Megamendung," kata RK kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (20/11/2020).

Dalam kasus terjadinya kerumunan di acara HRS, RK menyebut hal itu merupakan tanggung jawab dirinya sebagai Gubernur Jawa Barat. Dalam kesempatan itu pun, RK juga sempat menyampaikan permohonan maafnya secara terbuka atas dinamika yang belakangan ini terjadi di Jawa Barat.

"Jika ada peristiwa-peristiwa di tanah Jabar yang kurang berkenan, masih belum maksimal tentunya saya minta maaf, permohonan maaf atas kekurangan dan tentunya akan terus kita sempurnakan," ungkap RK.

Seperti diketahui, Polri mulai bersikap tegas menindak pelanggar-pelanggar protokol kesehatan dalam hal kerumunan. Kasus terkini yang sedang dibidik Polri yakni kerumunan massa dalam acara pernikahan putri Habib Rizieq di Petamburan, Jakarta Pusat beberapa waktu yang lalu.

Sejumlah pihak dipanggil oleh Polda Metro Jaya dalam kasus itu mulai ketua RT, RW hingga Gubernur DKI Jakarta. Pemeriksaan terhadap mereka juga sudah berlangsung.

Terkini, Polri juga mulai membidik kerumunan massa saat Habib Rizieiq singgah disebuah pesantren dikawasan Megamendung, Bogor. Kala itu terjadi kerumunan massa dalam jumlah besar mulai dari kawasan Gadog.

Dalam kasus ini, Polri sudah memeriksa Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk diperiksa salam kasus ini. Polri juga memanggil pejabat-pejabat di daerah tersebut untuk ikut diperiksa.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X