Viral Jembatan Bambu di Ponorogo Habiskan Dana 200 Juta, Mendadak Jadi Tempat Wisata Warga

- Selasa, 22 Desember 2020 | 20:21 WIB
Jembatan Bambu di Ponorogo (Instagram/ ponorogokab)
Jembatan Bambu di Ponorogo (Instagram/ ponorogokab)

Sempat menjadi sorotan publik karena anggaran pembangunannya diduga mencapai Rp200 juta, jembatan bambu yang berada di Ponorogo, Jawa Timur kini mendadak dijadikan tempat wisata oleh warga. 

Warga menyebutnya Jembatan Tukung, terletak di perbatasan Desa Bulak dan Desa Pandak, Kecamatan Balong, Ponorogo.

Biasanya jembatan itu sehari-harinya sepi lantaran letaknya juga berada di antara pohon-pohon besar. Namun belakangan ini, jembatan itu ramai didatangi warga bahkan pelancong.

Sebagian dari mereka ada yang mau melihat-lihat, bahkan ada sebagian orang yang berswafoto di atas jembatan tersebut.

Diketahui sebelumnya biaya pembangunan jembatan tersebut mencapai Rp200 juta rupiah. 

Kepala Desa Bulak, Arini Musrifah mengatakan anggaran Rp200 juta itu sebenarnya baru digunakan untuk membangun pondasi di sisi kanan dan kiri saja.

Sesek bambu yang menghubungkan pondasi merupakan hasil gotong royong warga untuk menciptakan jembatan darurat.

Anggaran yang diminta untuk membangun jembatan tersebut sebenarnya mencapai Rp600 juta, namun yang dicairkan baru Rp200 juta dan akhirnya digunakan untuk membangun pondasi.

"Untuk sesek (bambu) itu dari warga desa sendiri. Warga Desa Bulak dan Pandak supaya nggak muter terlalu jauh. Kalau muter sekitar 2,5 kilometer," ujar Arini.

Warga sekitar berharap agar pemerintah dapat segera menyelesaikan pembuatan jembatan tersebut, karena jembatan tersebut merupak tranportasi warga untuk ke sekolah, pasar dan bertani ke sawah.

Akibat keberadaannya yang kontroversional banyak warga yang mendatanginya karena penasaran dengan jembatan bambu seharga Rp200 juta itu.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X