Menperin Agus Sebut Impor Garam 108 Juta Dolar Hasilkan Ekspor 37 Miliar Dolar

- Senin, 5 Oktober 2020 | 18:45 WIB
  Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita. (Photo/ANTARA/HO-Kemenperin)
Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita. (Photo/ANTARA/HO-Kemenperin)

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan bahwa nilai ekspor industri garam mencapai 37,7 miliar dolar AS yang berasal dari pengolahan bahan baku garam impor senilai 108 juta dolar AS pada 2019.

Oleh karena itu, Agus menilai bahwa impor bahan baku garam untuk industri memiliki nilai tambah yang signifikan bagi perputaran kegiatan ekonomi. Hal itu disampaikannya usai terbatas yang dipimpin Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Senin (5/10/2020).

"Impor garam ini memiliki nilai tambah yang luar biasa bagi industri itu sendiri karena dengan mengimpor 108 juta dolar, AS industri sendiri pengguna garam ini telah berhasil catat nilai ekspor produk mereka 37,7 miliar dolar AS. Jadi bisa kita bayangkan betapa nilai tambah yang diberikan oleh hilirisasi dari penyerapan garam," ujar Agus, dilansir dari Antara.

Selain itu, Agus juga menyampaikan kalau kebutuhan bahan baku garam akan terus bertambah ke depan. Hal itu berdasarkan data Kemenperin, kebutuhan garam industri pada 2020 naik 6,8 persen dari 2019.

"Kita memprediksi ke depan akan terus menerus terjadi peningkatan sejalan dengan peningkatan kapasitas, yang sebagian besar pengguna dari garam itu adalah chlor alkali plant (CAP),” ujar Agus.

Jauh setelah itu, Agus mengatakan bahwa selain mengakomodir kebutuhan industri dengan impor, pihaknya juga akan meningkatkan penyerapan industri produksi garam petani lokal. Sementara garam impor, ia secara tidak tidak mengizinkan masuk pasar domestik, karena hanya boleh digunakan industri untuk hilirisasi.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X