Napi Asal Tiongkok Kabur dari Lapas Tangerang Pernah Ikut Latihan Militer di Negaranya

- Jumat, 2 Oktober 2020 | 20:54 WIB
Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)
Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)

Penyidik Polda Metro Jaya mengungkapkan Cai Changpan, terpidana asal Tiongkok dalam kasus narkoba yang melarikan diri dari Lapas Kelas 1 Tangerang pernah menjalani pelatihan militer di negaranya.

"Yang bersangkutan pernah ikut latihan kemiliteran di China, Jadi dia punya dasar survival (bertahan hidup)," kata kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Yusri Yunus Yusri di Mako Polda Metro Jaya, Jumat (2/10/2020) seperti dilansir dari Antara.

Atas informasi tersebut polisi menduga kuat narapidana berkebangsaan Tiongkok tersebut masih bersembunyi di dalam hutan untuk menghindari kejaran petugas. Lebih Lanjut Yusri mengatakan Cai juga pernah bersembunyi di dalam hutan saat ditangkap personel kepolisian beberapa waktu lalu.

Baca juga: Terungkap, 2 Sipir Lapas Tangerang Diduga Bantu Pelarian Napi Tiongkok

"Ada indikasi yang bersangkutan masih dalam hutan, karena sejak pernah ditangani oleh Mabes Polri, saat penangkapan juga sama dia melarikan diri itu juga sama, ditemukan di daerah Sukabumi, di dalam hutan," tambahnya.

Atas dasar temuan informasi tersebut, tim gabungan Polda Metro Jaya dan tim khusus dari lapas akan terus melakukan pelacakan di Hutan Tenjo, Bogor, Jawa Barat, yang diduga menjadi lokasi persembunyian Cai Changpan.

"Kita terus bergerak bersama sama, tim krimum, narkoba maupun Polres dibantu teman-teman dari lapas, kita masih bergerak pengejaran menyusuri hutan di sana," tuturnya.

Narapidana kasus narkoba Cai Changpan diketahui kabur dari Lapas Kelas 1 Tangerang pada Senin (14/9/2020) dengan cara menggali terowongan hingga keluar Lapas. Pihak kepolisian juga telah memeriksa 14 orang saksi terkait pelarian terpidana.

Hasil penyelidikan awal Polda Metro Jaya mengungkapkan Cai Changpan sudah merencanakan pelariannya dengan menggali terowongan sejak enam bulan lalu. Cai diduga mendapatkan alat-alat untuk menggali terowongan dari proyek pembangunan dapur yang sedang berlangsung di dalam Lapas Tangerang.

Artikel menarik lainnya

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X